Naluri Tempur Prajurit Terus Diasah

0
408
Latihan menembak: Prajurit Lantamal IV saat latihan menembak di Lapangan Tembak Lantamal IV Jalan Yos Soedarso, Rabu (18/10). F-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Untuk meningkatkan dan memantapan naluri tempur para prajurit, terutama dalam menggunakan senjata laras panjang, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV rutin melaksanakan latihan menembak. Latihan digelar di Lapangan Tembak Lantamal IV Jalan Yos Soedarso, Rabu (18/10).

Kadispen Lantamal IV Mayor Laut Samuel mengatakan, latihan menembak yang menggunakan senjata jenis SS1 tersebut diikuti 30 prajurit Bintara dan Tamtama yang berada di Markas Komando Lantamal IV.

Sebelum pelaksanaan latihan menembak, para prajurit memperoleh penjelasan dari Pasops Denma Lantamal IV tentang cara mengamankan senjata dan beberapa sikap menembak yang benar, dilanjutkan dengan latihan kering membidik sasaran tanpa menggunakan amunisi.

”Sebelum menembak, para prajurit mendapat pemapaparan terlebih dahulu,” katanya.

Samuel menyebutkan, setiap prajurit pada latihan menembak tersebut memperoleh kesempatan menembak dengan tiga sikap yakni sikap tiarap, duduk dan berdiri dengan jarak tembak 50 meter serta masing-masing menghabiskan 30 butuir peluru.

”Harus mengerti karakter dan menguasai senapan terlebih dahulu, teknik lainnya menyusul. Sikap juga tak kalah penting, karena kalau tidak diatur maka akan berdampak membahayakan orang disekelilingnya,” jelasnya.

Latihan menembak yang dilaksnakan ini merupakan program kerja Triwulan IV Denma Mako Lantamal IV. Dengan dilaksanakan latihan menembak ini diharapkan setiap prajurit Lantamal IV dapat menguasai penggunaan senjata laras panjang jenis SS1 sekaligus dapat meningkatkan naluri tempur. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here