Narapidana Bangun Posyandu

0
321
Kepala Divisi Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kepri Dedi Handoko melakukan peletakan batu pertama pembangunan posyandu di Kelurahan Tanjungpinang Barat, Rabu (1/8). f-raymon/tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Pasukan merah putih narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Tanjungpinang membangun posyandu lansia dan balita di RW XI Kelurahan Tanjungpinang Barat, Rabu (1/8).

Lurah Tanjungpinang Barat Wimmy Dharma Hidayat mengatakan, adanya bantuan pembangunan posyandu di wilayahnya sangat terbantu ditengah dana APBD Pemko Tanjungpinang defisit. Ia bersyukur dari 18 kelurahan yang ada di Tanjungpinang, namun kelurahan Tanjungpinang Barat yang menerima bantunan. Sebab, untuk mendapatkan bantuan itu tidaklah muda saat ini, karena setiap tahunnya Pemerintah Kota Tanjungpinang mengalami defisit. Bantuan ini sangat berharga bagi masyarakat.

”Kita sangat bersyukur atas bantuan ini, tanpa disangka dan diduga kami dipilih pihak Rutan mendapatkan bantuan mendapatkan pembangungan posyandu,” katanya Rabu (1/8).

Lanjutnya, posyandu ini akan digunakan oleh masyarakat, dan bagi ibu-ibu bisa memanfaatkan untuk kegiatan sosial. ”Kami berharap posyandu tersebut bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu dan masyarakat Kelurahan Tanjungpinang Barat,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Permasyarakatan Kanwil Kemenhumkam Kepri Dedi Handoko menuturkan, pembangunan ini dilakukan secara serentah di seluruh Indonesia. Pembangunan ini sangat atensi sekali terhadap pembangunan sosial yang bisa digunakan masyarakat yang membutuhkan. ”Yang membangun posyandu ini dari narapidana dan pegawai Rutan,” sebutnya.

Dedi menuturkan, di Provinsi Kepri itu ada tiga lokasi bantuan sosial. Pertama di Batam pembuatan dapur umum panti asuhan Yabunaya, di Bintan pembangunan musala bertempat di KM 18 Kijang.

”Di Kota Tanjungpunang pembangunan posyandu. Kita harapkan fasilitas ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat,” tuturnya.

Lanjutnya, dalam membangun posyandu ini menggunakan dana dari iuran pegawai, sumbangan pihak ketiga. Pembangunan posyandu ditargetkan siap selama tiga bulan atau 30 Oktober mendatang.

Sarana akan diserah terimakan kepada pemerintah daerah agar penggunaaan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. ”Pelaksanaan kegiatan pembangunan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan jadwal yang ada bisa selesai sesuai dengan kita harapkan,” ujarnya.

Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang Ronny menyebutkan, ada 15 pasukan merah putih narapidana bangun posyandu tersebut. Pasukan merah putih ini merupakan narapidana yang telah memenuhi persyaratan dan terlatih sebagai tukang bangunan atas kerja sama dengan mitra kerja. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here