Natuna Butuh Dibangun SLB

0
578

NATUNA – SEJAK lima tahun lalu digaungkan, hingga kini rencana pembangunan sekolah luar biasa (SLB) oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna belum menuai kejelasan kapan akan terealisasi.
Pasalnya, masyarakat Natuna harus menyekolahkan anak berkebutuhan khusus (ABK) di luar Natuna seperti Tanjungpinang dan Batam.

Bahkan, banyak juga anak mereka yang dibiarkan begitu saja tanpa mendapatkan pendidikan dari pemerintah. Marikin, salah satu guru kelas dan pemerhati pendidikan di Kecamatan Bunguran Tengah mengatakan, sudah selayaknya Kabupaten Natuna mendirikan SLB.

Menurutnya, saat ini banyak anak berkebutuhan khusus (ABK) tidak bisa bersekolah. Bahkan, bagi orang tua yang mampu mereka akan menyekolahkan anak-anaknya di luar pulau Natuna. Berdasarkan data yang dimiliki, Marikin menyebutkan, di Kecamatan Bunguran Tengah sedikitnya ada tiga anak berkebutuhan khusus.

”Itu baru sebatas satu kecamatan. Sementara di Natuna ada 15 kecamatan, dan sudah barang tentu jumlah anak berkebutuhan khusus lebih dari yang diperkirakan,” jelas Marikin. Karena tidak ada SLB, Marikin prihatin dengan anak-anak yang bisa sekolah di luar Natuna.

”Kasian, dan mereka juga punya hak yang sama dengan anak-anak normal lain untuk mendapatkan pendidikan,” terang Marikin. Untuk itu, ia berharap agar pemerintah kembali meneruskan perencanaan untuk pembangunan SLB. Agar anak-anak tidak mampu sekolah SLB di luar Natuna bisa bersekolah.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here