Natuna Butuh Pelabuhan Marina

0
104
PIHAK TNI AL ketika melaksanakan patroli rutin dalan mengamankan yachter milik wisatawan mancanegara pada event Sail to Natuna belum lama ini. f-istimewa
Berdasarkan jumlah kunjungan yacht ke Natuna beberapa hari lalu, maka Kabupaten Natuna ini perlu memiliki pelabuhan khusus untuk pariwisata (marina) untuk parkir Yacht.

NATUNA – Pernyataan ini juga terlahir, dari banyaknya permintaan terkait keberadaan marina yang disampaikan oleh sejumlah wisatawan mancanegara (wisman) pengguna yacht untuk kenyamanan dan kemudahan mereka berlibur di Natuna.

”Kita perlu Marina, banyak wisman yang minta dibangun. Saya rasa sekarang saatnya kita mulai untuk itu,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna, Hardinansyah di Pulau Senoa, kemarin.

Ia menuturkan, sejumlah yachter telah secara langsung menyampaikan keinginannya itu kepada pemerintah.

Sehingga mereka dapat lego jangkar kapalnya di Natuna, dalam waktu yang lama dengan aman.

Selama ini, para yachter mancanegara selalu waspada bila berlabuh di Natuna karena tidak ada sarana labuh dan sistem sekuritas yang memadai untuk kapalnya.

”Kalau ada Marina, mereka berani meninggalkan kapalnya. Selama ini mereka tidak mau meninggalkan kapalnya, mereka tidak berani nginap di hotel karena takut keamanan kapalnya terganggu. Tapi kalau ada Marina, mereka berani meninggalkannya sampai berbulan-bulan, kalau pulang kampung mereka mau parkir di Natuna mereka pulang pakai pesawat,” tutur Hardinansyah.

Menurutnya, secara ekonomis dan pendapatan daerah keberadaan Marina bagi Natuna akan sangat menguntungkan.

Baik melalui keterbukaan lapangan kerja, perdagangan dan retribusi daerah untuk parkir yacht.

”Untuk tahap awal mungkin kita perlu yang skalanya kecil-kecil dulu, Marina kelas desa cukuplah, asal ada. Demi pengembangan pariwisata kita, ekonomi dan pendapatan daerah,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar juga mengakui Natuna memerlukan Marina.

Pariwisata model Natuna yang berpotensi menjadi tujuan dan persinggahan wisatawan, sangat tepat bila dilengkapi dengan fasiltas Marina.

Menurutnya, rencana pemerintah sudah ada ke arah sana karena untuk menjadi kawasan pariwisata yang besar dan Natuna harus memiliki fasilitas yang lengkap.

”Rencana pembangunan Marina ada, dan kita coba menggandeng swasta nantinya,” katanya. (HADIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here