Natuna Dapat Penghargaan Pastika Parama dari Kemenkes RI

0
153
Wabup Natuna Ngesti menerima penghargaan dari Menteri Kesehatan RI, Nila F Moloek.

Natuna – Kabupaten Natuna menjadi salah satu percontohan bagi yang telah berhasil menetapkan peraturan daerah terkait Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Kabupaten Natuna berhasil mendapatkan penghargaan Pastika Parama, yang bertepatan dengan Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Dilaksnakaan hari ini, Kamis, 11 Juli 2019 di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Kita sangat bersyukur mendapatkan penghargaan Pastika Parama, langsung dari Kemenkes RI. Ini tidak mudah dan tentu ada penilaian tersendiri bagi setiap daerah,” kata Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti yang menerima penghargaan dari Menteri Kesehatan RI, Nila F Moloek.

Ia menjelaskan, pemberian penghargaan ini tentunya berkat kerja keras seluruh stakeholder yang berperan dalam pembentukan peraturan daerah terkait dengan KTR didaerahnya masing-masing.

“Dengan telah hadirnya Peraturan Daerah nomor 6 tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Rokok, menjadikan Natuna sebagai percontohan bagi kabupaten-kota lainnya yang menerapkan perda tersebut,” ujarnya.

Ia menuturkan, Kabupaten Natuna merupakan salah satu dari 29 daerah yang menerima penghargaan Pastika Parama dan lima orovinsi di Indonesia.

Pada acara pemberian penghargaan itu tidak hanya Kabupaten Natuna yang mendapatkan penghargaan Pastika Parama, ada juga Kabupaten Lingga mendapatkan penghargaan Paramesti oleh Kementerian Kesehatan RI.

“Untuk wilayah provinsi Kepri, Kabupaten Natuna dan Kabupaten Lingga yang mendapatkan penghargaan tersebut,”ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Natuna Rizal Rinaldi mengatakan, bahwa kerja keras yang dilakukan ini berkat bantuan dari segala unsur terkait dari eksekutif maupun legislatif dalam merancang penyusunan Perda.

“Dengan niat baik, menjadikan Natuna bebas dari Kawasan Tanpa rokok, akhirnya bisa terwujud serta menjadi percontohan bagi daerah lain. Semua itu berkat kerjasama antara pemerintah dan DPRD Natuna dalam menyusun perda KTR,” paparnya.

Penghargaan yang di berikan Kementerian Kesehatan RI, sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap provinsi/kab/kota yang telah menerbitkan dan mengimplementasi Peraturan Daerah (Perda), Pergub, Perwako, Perbup atau surat keputusan/edaran lainnya terkait Kawasan Tanpa Rokok (KTR) diwilayahnya masing-masing. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here