Natuna Dijadikan Sentral Perikanan Terbesar

0
437
Maket pusat perikanan: Peresmian pembangunan pusat perikanan terpadu di daerah Selat Lampa Natuna oleh menteri Susi beberapa waktu lalu. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

Natuna – BUPATI Natuna Hamid Rizal menginginkan agar lima pilar yang dicanangkan Presiden Joko Widodo bisa segera tercapai. khususnya untuk percepatan pembangunan Natuna ke depan.

Salah satu keinginan presiden, agar Kabupaten Natuna bisa menjadi sentral perikanan terbesar se-Asia Tenggara. Kelima pilar tersebut yakni sektor perikanan, pariwisata, ketahanan dan keamanan, lingkungan hidup, serta sektor migas. Natuna harus bisa maju dan berkembang seperti daerah yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah.

”Pada intinya, kita pemerintah kabupaten Natuna merasa bangga dan mendukung atas perhatian pemerintah pusat bagi pulau terluar,” kata Hamid.

Selain itu presiden juga pernah menekankan agar yang berkaitan dengan migas di Natuna. Dari 16 blok migas yang ada di sekitar Natuna, baru 5 blok yang berproduksi, sementara 7 blok masih dalam tahap eksplorasi, dan 4 blok masih dalam proses terminasi. Presiden menginginkan proses-proses produksi bisa segera dilakukan.

Untuk sektor migas seluruh jajaran mulai dari menteri hingga gubernur dan bupati, diminta untuk bisa segera mendorong supaya 16 blok migas di Natuna bisa beroprasi semuanya,” paparnya.

Di sektor pertahanan dan keamanan presiden meminta seluruh unsur terkait untuk menjaga sumber daya alam di Natuna, dan menjaga kedaulatan NKRI. Natuna sebagai pulau terdepan harus perlu diperkuat lagi.

Progres percepatan pembangunan Natuna sudah dimulai sejak tahun 2015. Progres pembangunan tersebut belum menampakkan hasil yang signifikan, sebab masih bertahap.

“Natuna sekarang jadi pusat perhatian semua kementerian,” imbuhnya. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here