Natuna Dilanda Gelombang Tinggi 3 Meter

0
103
Liber FH
Per tanggal 27 Maret tahun ini, wilayah perairan Natuna dinyatakan mulai mengalami gelombang tinggi. Ketinggian ombak diperkirakan berkisar antara 1,5 meter sampai 3 meter.

NATUNA – Bahkan dalam tiga hari ke depan, gelombang laut diperkirakan bisa mencapai 4 meter lebih dan dibarengi angin kencang serta hujan.

Kepala Syahbandar Natuna, Liber FH mengatakan, kondisi laut ini akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan dan berpotensi menjadi ancaman bagi pelayaran yang melintas di wilayah Natuna.

”Ya, untuk hari ini kisarannya satu setengah meter. Keadaan ini akan menjadi lebih buruk, hingga beberapa hari ke depan,” kata Liber, di kantor Kejari Natuna, kemarin.

Ia mengaku, per hari Rabu (27/3) kemarin sudah ada beberapa kapal yang tidak sanggup melakukan pelayaran karena kondisi gelombang semakin memburuk.

”Kami saja balik kanan. Tadinya kami mau ke Pulau Laut sama tim Kejaksaan. Cuma karena gelombangnya tinggi sekali, maka kami putuskan untuk membatalkan perjalan itu,” tutur Liber.

Terkait kondisi ini, ia mengaku pihaknya akan segera mengeluarkan rekomendasi kepada perusahaan pelayaran dan nelayan untuk mengantisipasi peristiwa-peristiwa yang tidak diinginkan terjadi di laut.

”Kami akan rekomendasikan bahwa kapal yang boleh berlayar, hanya kapal yang berukuran 30 GT ke atas saja. Kalau di bawah itu nanti dulu lah. Bahaya masalahnya,” ucap Liber.

Ia berharap, kondisi laut yang seperti ini tidak sampai memakan korban baik materil maupun orang.

Ia berharap, kondisi alam ini cepat berakhir.

”Kalau kondisi ini berlangsung lama, dan dampaknya akan jadi kurang baik di semua sektor terutama sekali ekonomi kerakyatan. Nelayan tidak bisa melaut, barang susah didrop dan bisa saja berdampak kelangkaan barang. Tapi mudah-mudahan kondisi ini segera berakhir,” harapnya. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here