Natuna Dinyatakan Terbebas Difteri

0
52

NATUNA – PIHAK Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Natuna memastikan, bahwa Kabupaten Natuna terbebas dari virus Difteri. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Penanggulangan, dan Pengendalian Penyakit Dinkes Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna Hikmat Aliansyah.

Ia menjelaskan, secara umum Provinsi Kepri dinyatakan sebagai zona hijau atas ancam virus tersebut. ”Alhamdulillah. Saat ini kita masih terbebas dari virus Difteri. Sehingga, kita belum perlu melakukan vaksinasi massal terhadap masyarakat,” kata Hikmat, kemarin.

Namun, pihaknya juga melakukan berbagai langkah antisipasi seperti menyampaikan imbauan kepada masyarakat. Ia mengimbau agar masyarakat segera berkonsultasi ke puskesmas terdekat bila mengalami gejala demam, batuk, pilek dan nyeri saat menelan.

Dinkes Pemkab Natuna juga menekankan kepada seluruh puskesmas, agar melakukan surveillance kepada masyarakat yang baru datang dari luar daerah. ”Kemudian kita juga ada menyiapkan ruang rawat instalasi, untuk menangani masyarakat bila ada yang terjangkit virus Difteri,” jelasnya.

Kondisi ini diharapkan bisa berkelanjutan, sehingga kesehatan masyarakat bisa tetap terjaga. ”Ya kita berharap kepada masyarakat yang sedang keluar daerah, untuk tetap berhati-hati jangan sampai terjangkiti virus tersebut,” harapnya.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here