Natuna Dipastikan Aman dari Virus HFMD

0
255
dr Faisal

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Natuna dr Faisal menegaskan, sampai saat ini virus Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD ) yang sempat menghebohkan di kalangan masyarakat dinyatakan tidak ada.

NATUNA – Sebelumnya, muncul nama virus tersebut yang menjangkiti anak-anak kecil di Natuna. Sampai saat ini, RSUD Natuna tidak menerima satupun laporan tentang penyakit yang biasa disebut Virus Singapura atau kalangan dokter dikenal virus HFMD yang diisukan telah menyebar di kalangan masyarakat.

”Jadi kita tegaskan lagi bahwa tidak ada satupun yang pasien yang diisukan terkena virus HFMD,” kata Direktur RSUD Natuna Faisal, saat mengikuti acara Musrenbang di Gedung Sri Srindit, Ranai, kemarin.

Faisal menerangkan, bahwa apabila ada virus tersebut di Natuna sudah pasti ada laporan maupun imbauan dari Menteri Kesehatan atau langsung dari rumah sakit yang pertama menemukan virus tersebut.

”Tidak segampang itu menentukan kalau pasien terkena virus HFMD, biasanya ada keterangan resmi paling tidak dari Kementerian Kesehatan,” jelasnya.

Faisal menambahkan, penanganan yang serius untuk penderita virus HFMD tidak seperti menangani penyakit biasa. Sebab, semua itu ditangani dengan serius serta harus diteliti.

Pada pemberitaan sebelumnya, adanya anak-anak di Natuna yang terserang virus itu. Sehingga, para orangtua di wilayah Natuna mulai merasa bingung untuk menanggulanginya. Meski bukan tergolong virus berbahaya, dan tidak menyebabkan kematian namun akibat dari virus ini terasa sangat menyiksa bagi para penderitanya.

Akibat dari virus ini, penderita akan mengalami demam tinggi dan tumbuh bintik merah pada kulit tangan dan kaki disertai rasa perih. Selain itu, juga disertai radang sekitar tenggorokan dan biasanya balita gampang terserang virus ini apalagi kondisi tubuh kurang fit.

Edi warga Ranai, salah seorang orangtua merasa kaget bahwa setelah anaknya dibawa berobat di salah satu klinik di Kota Ranai merasa resah dengan penyakit yang diderita anaknya yang berumur sekitar 2 tahun.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here