Natuna Dipromosikan di Eropa

0
364
BUPATI Natuna Hamid Rizal menjelaskan potensi Natuna di di Swiss, Selasa (24/7). f-istimewa/humas pemkab natuna

Bupati Paparkan Potensi ke Kalangan Investor

Bupati Natuna H Hamid Rizal mendapat kehormatan untuk mempromosikan potensi daerah itu kepada puluhan pengusaha Eropa di Swiss, Selasa (24/7).

NATUNA – Hamid Rizal mendapatkan kehormatan sebagai narasumber pada acara Promotion Invesment di Swiss. Ia merupakan satu-satunya kepala daerah yang diberikan kesempatan untuk mempromosikan potensi Natuna pada acara itu.

Selama acara di Eropa, ia didampingi Kepala BP3D, Moestafa, Kepala Dinas Perikanan, Zakimin dan Kepala Dinas Pertanian Pemkab Natuna, Fauzan Tambusai. Kegiatan Hamid di Eropa dimulai 24 sampai 27 Juli.

Di hadapan puluhan investor Eropa, Hamid memaparkan berbagai potensi daerah yang dimiliki serta dukungan dari pemerintah daerah seperti perizinan dan upaya pembenahan fasilitas pendukung.

”Kami siap menerima seluruh investor yang hendak membuka usaha di Natuna,” kata Hamid seperti yang dilansir Humas Pemkab Natuna, Rabu (25/7). Ia mengaku, pihaknya harus bekerja keras untuk menumbuhkembangkan dinamika investasi di Natuna karena investasi merupakan salah satu cara ampuh untuk menempuh cita-cita kesejahteraan masyarakat.

”Siapapun dan dari manapun investornya kami akan tetap menrimanya dengan senang hati. Kami juga berupaya mencari investor ke manapun, hari ini kami datang ke Eropa untuk mengajak investor,” ujarnya.

Kegiatan Hamid di Eropa dikoordinir oleh Indonesia Investment Promotion Centre (IIPC), Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) untuk wilayah Eropa. Acara ini dihadiri oleh peserta yang berasal dari fungsionaris ekonomi dan atase terkait dari seluruh kantor perwakilan Republik Indonesia di wilayah Eropa.

Kepala Bagian Humas Setda Natuna, Budi Darma mengatakan, keberangkatan Hamid ke Swis melalui prosedur dan perizinan yang berlaku. Izin dari tingkat provinsi, Kemendagri, Sekneg dan Kemenlu sudah dikantongi.

”Hasil kunjungan Pak Bupati itu nanti akan kami rilis lagi kepada masyarakat melalui media massa dan media sosial,” kata Budi.

Hembusan nada miring terkait keberangkatan Bupati Natuna bersama rombongan ke Eropa untuk jalan-jalan dibantah langsung oleh Sekda Natuna. Ia mengaku salah dan lambat menyampaikan informasi terkait keberangkan bupati ke publik.

Sekda Natuna Wan Siswandi membantah langsung tanggapan miring tersebut. Ia mengatakan, keberangkatan Bupati bersama rombongan ke Eropa dalam rangka memenuhi undangan menjadi pembicara tentang perekonomian dan hasil perikanan Natuna terbesar se-Asia Tenggara.

”Saya selaku yang mewakili pimpinan daerah bupati, mengaku salah dan lambat dalam menyampaikan kunjungan kerja Bupati dan Wakil Bupati keluar daerah. Seperti Bupati bersama rombongan 5 orang ke Eropa sebagai pembicara di acara tersebut. Sedangkan Wakil Bupati Natuna yang melaksanakan kunjungan kerja ke Cepu,” Kata Sekda Natuna Wan Siswandi saat mengadakan jumpa pers dengan sejumlah awak media, Rabu (25/7).

Sebetulnya, keinginan untuk menyampaikan sebelum keberangkatan sudah dicanangkan oleh Kabag Humas Setda Natuna, namun kepastian dari izin keberangkatan baru diterima. ”Makanya kita mengaku telat, dan baru bisa menyampaikannya ke publik,” ungkapnya.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Kabag Humas Budi Darma yang mengaku bahwa undangan kunker Bupati bersama rombongan ke Eropa dikoordinir oleh Indonesia Investment Promotion Centre (IIPC), Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) untuk wilayah Eropa.

”Acara itu juga dihadiri oleh peserta yang berasal dari fungsionaris ekonomi dan atase terkait dari seluruh kantor perwakilan Republik Indonesia di wilayah Eropa,” ucapnya.
Pihaknya akan berupaya setiap kunker pimpinan daerah bisa disampaikan sebelum keberangkatan.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here