Natuna Diusulkan Jadi Geopark Nasional

0
120
Alif Stone Park, salah satu kawasan wisata Natuna. f-net

Aset Negara Yang Indah, SDM Melimpah dan Strategis

Kabupaten Natuna menjadi perhatian negara-negara luar dengan keindahan alam dan pesisir pantainya yang beragam termasuk Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah.

NATUNA – Hal ini membuat Pemkab Natuna untuk terus mendorong dan bisa ditetapkan sebagai Geopark Nasional dengan keindahan alam mempesona dari dasar lautnya.

”Kabupaten Natuna sebagai wilayah perbatasan terluar Indonesia, dianggap perlu mendapat perhatian khusus karena latak wilayah yang strategis. Selain itu, kita akan mendorong Natuna bisa ditetapkan menjadi Geopark Nasional,” kata Kepala Pusat Pengkajian Kebijakan Multilateral (PBBN) Kementerian Luar Negeri, Dindin Wahyudin ketika menjadi pembicara, Selasa (30/10).

Dikatakan Didin, dilihat dari sudut pandang kementerian luar negeri, pembentukan Geopark Nasional bertujuan untuk menjaga Kabupaten Natuna sebagai aset negara dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Natuna.

”Kenapa saya sebutkan Natuna wilayah yang strategis, karena Natuna merupakan aset negara yang bersebelahan dengan beberapa negara tetangga di laut Natuna Utara khususnya,” paparnya.

Dengan adanya pembangunan geopark ini, selain meningkatkan perekonomian masyarakat dan pariwisata Natuna bisa lebih dikenal kemancanegara.

Inspirasi pembangunan geopark ini, tentunya tidak akan terlaksana tanpa adanya peran penting dari masyarakat dan instansi terkait.

”Melalui acara ini masyarakat bisa memahami dan mengerti bahwa pembangunan geopark sangat berdampak pada ekonomi kerakyatan dan bisa menarik para wisatawan untuk berkunjung,” tandasnya.

Sementara Bupati Natuna Hamid Rizal menuturkan, berdasarkan hasil penelitian dan dari hasil assessment geologi terhadap potensi warisan Geopark di Natuna, banyak terdapat keindahan alam yang terbentang luas.

Natuna yang memiliki keindahan bawah laut dengan banyaknya peninggalan kapal tenggelam yang usianya ratusan tahun.

Serta jumlah kandungan minyak dan gas melimpah sudah layaknya Natuna bisa ditetapkan sebagai Geopark Nasional.

”Letak Natuna yang strategis dengan keindahan dan keunikan alam perpaduan investasi alam budaya, membuat wilayah ini mendapat perhatian ekstra dari pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Kepri,” tuturnya.

Ia menambahkan, Kabupaten Natuna merupakan kepulauan yang steategis, karena terletak pada garis Alur Laut Kepulauan Indonesia (Alki 1) dan merupakan salah satu beranda terdepan serta berbatasan laut dengan 7 negara. Sudah layak bisa menjadi bagian Indonesia khususnya pada kekayaan alamnya.

”Kita berharap melalui pengajuan dan penetapan Geopark Natuna menjadi Geopark Nasional agar lebih dikenal secara luas dan memperjelas bahwa Natuna merupakan wilayah NKRI,” harapnya.

Bupati Natuna, Hamid Rizal mengaku bangga dengan adanya upaya ini. Dengan ini ia berharap segala bentuk potensi Natuna dapat digali untuk sebesar-sebesarnya kemakmuran masyarakat.

”Kami apresiasi gerakan ini dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, terutama sekali Kementerian Luar Negeri. Kami ingin Natuna ini maju dan jaya dengan kekayaan alamnya,” ujar Hamid.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here