Natuna Harus Belajar Kelola Wisata ke Lombok

0
404
Turis dari Jerman saat tiba di Pelabuhan Pulau Senoa Natuna, baru-baru ini. f-dok/tanjungpinang pos

NATUNA – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menekankan kepada Pemerintah Kabupaten Natuna agar banyak belajar mengelola pariwisata dari berbagai daerah dan negara, salah satunya Lombok. Sehingga sektor pariwisata Kepri terutama Natuna dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Penekanan ini disampaikan Gubernur Nurdin di Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik, Lombok Timur saat menghadiri pernikahan Putera Wakil Bupati Natuna, Minggu (15/4) seperti yang disampaikan Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, Senin (16/4).

”Kondisi wilayah Natuna dan Lombok hampir sama wisata bahari. Tapi kita masih tertinggal dengan Lombok terutama pengelolaan pariwisatanya. Natuna harus banyak belajar salah satunya dengan Lombok,” tegas Gubernur Nurdin seperti disampaikan Ngesti.

Ia menambahkan, pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) harus dipelajari di Lombok karena daerah tersebut dinilai berhasil mengelola sumber daya alamnya sendiri sebagai sumber pendapatan masyarakat dan daerah.

”Terus pengelolaan sumber daya alam juga harus dipelajari. Misalnya, rumput laut di Lombok sudah menjadi sumber pendapatan masyarakat dan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena rumput lautnya berhasil diolah menjadi sebuah ikon yang laku dijual sebagai konsumsi dan oleh-oleh dengan berbagai bentuk dan rasa. Hal-hal seperti ini harus dipelajari,” katanya mencontohkan.

Ia berharap pernikahan putera Natuna dan puteri Lombok itu bisa menjadi sempena atas kerja sama yang baik antara Provinsi NTB dan Provinsi Kepri di banyak hal. ”Kami ucapkan selamat kepada kedua mempelai dalam hal ini mempelai laki-laki Daeng Ganda Rahmatullah SH dan Orista Miranti Irpada Adam. Mudah-mudahan dari pernikahan ini terjalin kerja sama yang lebih bagus antara Kepri dan NTB,” ujarnya.

Hadir pada acara pernikahan Daeng Ganda Rahmatullah, SH bersama Orista Miranti Irpada Adam, yaitu Menteri Sosial, Idrus Marham, Mantan Kapolri, Jendral (Purn) Sutarman, Wakil Gubenur NTB, Muhammad Amin, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan sejumlah pejabat serta pengusaha lainnya.

Saat ini, Natuna lebih dikenal sebagai daerah penghasil minyak dan gas bumi termasuk ikan laut yang berlimpah-limpah. Sementara wisata baharinya belum dikelola maksimal. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here