Natuna Jadi Pondasi Kemaritiman Nasional

0
83
SUASANA berlangsungnya acara sosialisasi Rumah Peradaban di Natuna. f-istimewa

NATUNA – Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar sosialisasi Rumah Peradaban, yang berlangsung di Natuna Hotel, Jumat (28/9). Pada acara ini, Natuna dinyatakan sebagai pondasi kemaritiman Nasional.

Bupati Natuna Hamid Rizal yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna Erson Gempa Afriandi mengapresiasi kegiatan tersebut.

”Kami apresiasi acara ini. Mudah-mudahan ini jadi bagian dari langkah yang bermanfaat, untuk mendorong pembumian budaya kepada masyarakat,” kata Erson.

Ia mengaku, sisi kebudayaan merupakan salah satu obyek wisata yang harus dibangun pemerintah. Sektor ini harus dikaji, dan ditelaah sejak awal mula kehidupan hingha zaman modern ini.

”Kami ingin sisi kebudayaan ini juga bisa tereksploitasi sebagai sumber pendapatan,” ujar Erson.

Kepala Pusat Penelitian Arekeologi Nasional Kemendigbud I Made Geria mengatkan, sejak masa-masa awal Natuna merupakan lintasan niaga dengan berbagai ragam kebudayaan.

Hal ini menjadi sebuah fakta setelah adanya berbagai penelitian yang dilakukan oleh pemerintah secara berulang-ulang.

”Sejak dulu Natuna ini sudah menjadi pondasi kemaritiman nasional. Berdasarkan hasil penelitian kami, Natuna ini kalau digambarkan mungkin sebagai Singapura yang sekarang. Natuna ini pernah jaya sesuai dengan bukti-sejarah yang kami temukan,” kata Made Gria.

Dari sisi strategisnya, lanjut dia, Natuna memiliki nilai yang sangat tinggi bagi kemaritiman nasional. Sampai saat ini, wilayah laut Natuna menjadi salah jalur niaga internasional.

Ia menjelaskan, Rumah Peradaban merupakan program membumikan kebudayaan kepada masyarakat. Natuna bukan hanya sebagai lintasan niaga, melainkan juga lintasan kebudayaan.

”Kami berharap apa yang kita lakukan ini sebagai satu langkah untuk meraih kajayaan Natuna yang dulu pernah ada,” harapnya.

Acar diikuti oleh 100 orang peserta dari kalangan kepala sekolah dan guru-guru sekolah se-Kabupaten Natuna. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here