Natuna Jalin Kerja Sama dengan BTP

0
731
Mahasiswa BTP saat praktik membuat pizza, belum lama ini.F-ISTIMEWA

NATUNA – Tim percepatan pengembangan pariwisata Natuna (TP3N) dan seluruh OPD berupaya meningkatkan kunjungan pariwisata ke Natuna.

Hal ini penting dilakukan, sebab kini wisatawan bisa menjadi salah satu penyumbang penghasilan ke daerah. Natuna mulai meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui bangku kuliah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispabud) Pemerintah Kabupaten Natuna, Erson Gempa Apriandi menegaskan, pihaknya mulai mengembankan pariwisata dengan mengirimkan anak-anak daerah menimba ilmu bidang pariwisata.

Salah satunya, yaitu Pemerintah Daerah telah melakukan MoU dengan Batam Tourism Polytechnic (BTP). Perjanjian dalam nota kesepakatan itu, upaya menciptakan SDM bagi daerah yang berkualitas di dunia pariwisata.

Baca Juga :  Kunjungi UTM dan Raja Zarith Sofiah Library

”Saat ini pemerintah daerah sudah mulai menciptakan SDM yang unggul, dengan mengirim 10 orang anak daerah ke BTP,” kata Erson Gempa, Kadisparbud dikantornya, Senin (15/1).

Ia mengungkapkan selain mengirim anak Daerah ke BTP, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi juga akan melatih sekitar 30 orang untuk bisa mengisi industri pariwisata Natuna ke depannya.

”Kita ingin menciptakan anak daerah bisa berdedikasi bekerja pada industri kepariwisataan, sehingga jika telah berkembang wisata di Natuna, SDM sudah bisa terjun langsung,” ungkapnya.

Namun, tak menutup kemungkinan Pemkab akan membangun sekolah pariwisata di Natuna. Langkah yang sama, juga dilakukan oleh Kabupaten Anambas baru-baru ini.
Sejumlah anggota DPRD, datang ke kampus BTP untuk meningkatkan SDM bidang pariwisata.

Baca Juga :  PWI Kepri Beri Masukan Penyusunan Kurikulum di Kampus UPB

Rencana untuk membangun kampus pariwisata juga kedepannya. Hanya saja itu belum bisa dilakukan dalam waktu dekat, mengingat keterbatasan anggaran.

Dengan segala upaya, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Anambas baru mampu membiayai beberapa anak daerah untuk kuliah di BTP Batam.

”Kita harapkan muda-mudi kita bisa bekerja setelah lulus sekolah dan tidak semata berharap bekerja di kalangan kantor pemerintahan saja, diperusahaan swasta masih banyak yang baik dan profesional,” jelas Firman Edi, Anggota DPRD Anambas.

Berdasarkan pemaparan dari pihak BTP kepada tim yang hadir kemarin, pihaknya terus mencetak sarjana, (Diploma IV) di bidang hospitality manager, executive chef, dan pengusaha.

Baca Juga :  UKM Sinematografi Stisipol Masuk Nominasi Nasional

Beberapa waktu yang lalu pihak Pemda juga telah meninjau ke BTP tersebut. Serta tahun depan minimal 10 orang siswa asal Anambas dibiayakan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk sekolah di BTP. (hrd/abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here