Natuna Percontohan Pembangunan Daerah Terdepan

0
590
FOTO BERSAMA: Bupati Natuna Hamid Rizal foto bersama Mendagri. f-hardiansyah/tanjungpinang pos

NATUNA – BADAN Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri bersama Kementerian Daerah Tertinggal mengadakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) tentang Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bagi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah se-Indonesia.

Diklat BPSDM kementerian Dalam Negeri digelar di aula pertemuan, Jalan Taman Makam Pahlawan No.8 Kalibata Jakarta Selatan.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo sekaligus dengan pemukulan gong oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Eko Putro Sandjojo.

Menteri Desa dan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo dalam sambutannya mengatakan, upaya dalam percepatan pembangunan desa dapat ditempuh dengan peningkatan produk unggulan kawasan perdesaan dari sektor pertanian.

Dengan begitu, upaya peningkatan ekonomi masyarakat desa lebih tepat sasaran dan dapat meningkat perekonomian di desa.

”Makanya perlu mendorong partisipasi masyarakat luas, untuk terlibat langsung dalam berbagai aspek ekonomi pedesaan,” ujar Eko, di Balai Pertemuan Diklat BPSDM, Senin (22/5). Hal itu untuk memberikan ruang bagi para pelaku ekonomi antara pemerintah, pengusaha dan masyarakat.

Menurutnya, langkah tepat dalam meningkatkan produktifitas di bidang pertanian adalah dengan adanya pembangunan embung.
Pembangunan embung itu, bertujuan menampung segala sumber air yang menjadi pedoman untuk setiap kegiatan.

”Poin utama pembangunan embung berdampak langsung pada pertanian, budidaya, wisata maupun konservasi di tingkat pedesaan,”jelasnya.

Bupati Natuna Hamid Rizal yang terpilih sebagai Bupati Penggerak Percepatan Pembangunan, mendapatkan kehormatan dengan menerima pin dari Menteri Desa dan Daerah Tertinggal dan bangga karena bisa menjadi Kabupaten percontohan dalam pembangunan di wilayah terdepan.

”Sebagai kabupaten terluar dan terdepan, Natuna masih butuh perhatian dan pembangunan yang menyeluruh di setiap pedesaan.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here