Negara Terima Rp10,4 Miliar dari Bauksit

0
507
Salah satu aktivitas tambang bauksit.f-dok/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pemasukan untuk negara dari tambang bauksit yang dilakukan PT. Gunung Bintan Abadi Rp10,4 miliar. Penerimaan negara tersebut dari bea keluar. Perusahaan tambang tersebut beroperasi di Tembeling Kabupaten Bintan.

Hal ini diungkapkan Oka, Kepala Seksi Penyuluhan dan Informasi Bea Cukai Tipe B Tanjungpinang, kemarin. ”Biji bauksit tersebut diekspor ke Tiongkok (Cina),” ujarnya.

Menurut Oka total penerimaan tersebut berasal dari ekspor bauksit hingga bulan November 2018 mencapai Rp10,4 miliar.

”Penghitungan penghasilan dari barang yang akan dikirim keluar negeri,” katanya Kamis (13/12).

Baca Juga :  Tanjungpinang Timur Kekurangan Kelas

Lanjutnya, sedangkan untuk kuota milik PT Gunung Bintan Abadi dalam jangka waktu satu tahun 1,6 juta ton. Dalam pengiriman bauksit keluar negeri itu masih dalam keadaan bauksit yang mentah.

”Untuk kontribusi penerimaan bea keluarnya sebesar 10 persen dari jumlah hasil tambang yang di ekspor setiap kali pengiriman,” sebutnya.

Oka menjelaskan, untuk tujuan ekspor tambang bauksit PT Gunung Bintan Abadi ini, di ekspor ke Cina dan sampai saat ini baru satu perusahaan ini beroperasi. Menurutnya, Bea Cukai Tanjungpinang saat ini juga melakukan pengawasan dan menempatkan anggotanya di tempat beroperasinya PT Gunung Bintan Abadi.

Baca Juga :  Alamak.. Tagihan Listrik Membengkak

Setiap kali kapal pengangkut bauksit akan melakukan bongkar maka petugas sudah ada di atas kapal untuk melakukan pengawasan. ”Pengawasan dari kami sudah ditempatkan anggota di sana agar tidak ada kecurangan atau kerugian negara,” ujarnya. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here