Nelayan Beralih Budidaya Rumput Laut

0
1385
BUDIDAYA: Beberapa warga Moro saat mengemas rumput laut untuk diolah sebagai makanan dan sabun. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – UPAYA mendorong pertumbuhan perekonomian, masyarakat pesisir di Kecamatan Moro mulai giat membudidayakan rumput laut. Minimnya tangkapan ikan, menjadi alasan sebagian masyarakat beralih ke rumput laut didukung harga ekonomis yang tinggi. ”Meskipun belum semua masyarakat Kecamatan Moro melaksanakan budidaya rumput laut, masyarakat Pulau Jaga, Tanjung Semukul, Desa Sugie, Pulau Bahan Pulau Jang mulai mengembangkan bibit rumput laut jenis Euchema Cottoni dan Spinossum,” sebut Azlan, salah satu warga penggiat rumput laut di Moro, Rabu (26/7).

Jenis Euchema Cottoni dan Spinossum pada dimusim selatan, pertumbuhanya sangat optimal. Namun, jumlahnya masih terbatas karena tidak didukung oleh kemampuan keuangan dan sarana yang cukup untuk meningkatkan jumlah produksi dan jumlah kelompok petaninya. Ia mewakili petani lainnya berharap, pemerintah daerah ikut mendukung dengan program produktif dalam penyediaan kebun bibit unggul serta sarana penunjang kegiatan budidaya rumput laut.

Baca Juga :  BNPT dan FKPT Gelar Dialog Interaktif

Sejalan dengan program pemerintah, rumput laut mampu meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir dalam mengentaskan kemiskinan. Sebagai pelaku usaha rumput laut, faktor lainnya yakni gairah harga rumput Laut cukup tinggi khususnya euchema cottoni. Hasil panen rumput laut, ada pihak yang menampung yang terletak di Pulau Jaga.

”Saat ini tangkapan ikan semakin menurun. Keadaan ekonomi nelayan semakin sulit, dan sangat tergantung pada musim. Sedangkan budidaya rumput laut menjadi alternatif dan harapan baru bagi masyarakat pesisir untuk meningkatkan penghasilan,” terang Azlan.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here