Nelayan Butuh Kapal Angkut Khusus Ikan

0
494
JEJER: Kapal nelayan berjejer di dermaga. Saat musim utara tiba banyak nelayan sementara berhenti berlayar. F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

Anambas – PERSOALAN angkutan khusus untuk mengangkut hasil ikan ke luar daerah Anambas, hingga saat ini belum menemui titik terang.

Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas melakukan pertemuan dengan perwakilan pemilik kapal, Rabu (1/3). Namun pertemuan ini belum ada hasil atau kesepakatan yang signifikan.

”Batas waktu yang diberikan sudah berakhir dan semua tergantung pemilik kapal apakah mau mengurus segala perizinan yang telah ditentukan oleh negara atau tidak,” ujar Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas, Catharina, Rabu (1/3).

Catharina menerangkan, setiap kapal pengangkut wajib untuk melengkapi dokumen perizinan salah satunya mengurus perizinan Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI).

Dinas siap membantu dan memfasilitasi pemilik kapal dalam mengurus perizinan, khususnya dalam mengurus SIKPI.

”Selama ini mayoritas mengeluhkan prosesnya rumit dan sulit. Padahal, proses yang rumit seperti yang mereka katakan itu tidak ada,” ucapnya.

Perwakilan pengumpul ikan yang tergabung dalam koperasi, saat ini tengah berupaya untuk menggandeng pengusaha yang memiliki kapal serta telah melengkapi dokumen untuk mengangkut ikan.

Pengoperasian kapal khusus pengangkut ikan ini pun, diprediksi akan berdampak pada kenaikan ongkos angkut hingga dua kali lipat dibandingkan dengan menggunakan kapal pengangkut barang berbahan kayu yang selama ini digunakan.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here