Nelayan dan Buruh Demo di Lantamal IV

0
45
Nelayan dibantu para buruh bongkar muat menggelar aksi demo di depan Mako Lantamal IV Tanjungpinang. Aksi ini hanya simulasi untuk meningkatkan keterampilan TNI saat menghadapi aksi demo, Rabu (29/8). f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang di demo dari kelompok nelayan kapal-kapal ikan, Rabu (29/8).

Selain nelayan, juga buruh angkut pelabuhan Desa Kawal Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan bergabung dengan nelayanan, sama-sama mendemo markas TNI AL tersebut.

Awalnya, para pedemo yang jumlah kurang lebih 100 massa, berjalan tertib. Perwakilan menyampaikan tuntutannya. Namun, setelah pedemo disusupi orang yang tidak bertanggung jawab, ia berhasil diprovokasi, para pedemo mulai melakukan anarkis, melempari serta memukuli tim Penindakan Huru Hara (Dakhura) dari Lantamal IV dengan batu dan kayu.

Demo yang awalnya berjalan tertib menjadi kacau dan para pedemo semakin tidak terkendali. Upaya pengamanan dan pengendalian segera di lakukan tim PHH Lantamal IV dengan meringkus salah satu pendemo yang menjadi otak sehingga terjadinya anarkisme.

Selanjutnya, tim Dakhura berhasil menghalau sisa pendemo dan akhirnya membubarkan diri.

Wakil Komandan (Wadan) Lantamal IV Kolonel Laut (P) Imam Teguh Santoso yang mewakili Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno mengatakan aksi demo tersebut hanya skenario atau demo latihan untuk melatih tim Terampil Glagaspur P1 dan P2 Peran Penindakan Huru Hara yang dilakukan Lantamal IV.

”Uji terampil P1 dan P2 yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut akan di nilai Tim Penilai dari Komado Latihan (Kolat) Koarmada I,” katanya.

Ia melanjutkan, selama tiga hari personel Lantamal IV telah diuji untuk melaksanakan beberapa materi diantaranya PBB, PPM, PEK, Pertahanan Pangkalan serta Dakhura.

”Dengan diujinya materi-materi tersebut diharapkan akan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel Lantamal IV,” sebutnya.

Setelah pelaksanaan Dakhura, dilanjutkan dengan acara penutupan uji terampil Glagaspur tingkat I atau P1 dan tingkat 2 atau P2 di Ruang rapat Mako Lantamal IV.

Tim Kolat Koarmada I yang dipimpin Komandan Kolat Koarmada I Kolonel Laut (P) Fauzi, menyampaikan, hasil tentang pelaksanaan uji terampil Glagaspur P1 dan P2 di Lantamal IV.

Selanjutnya di berikan kesempatan untuk berdiskusi memberikan tanggapan tentang hasil yang disampaikan oleh para Asisten Danlantamal IV.

Acara penutupan diakhri dengan penyerahan nilai yang di berikan Komandan Kolat Koarmada I kepada Wadan Lantamal IV. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here