Nelayan Dukung Akademisi Kembangkan Tenaga Surya

0
650

BINTAN – Sejumlah nelayan tangkap di Kawasan Trikora mendukung penuh penelitian mahasiswa dan dosen Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) terkait penerangan menggunakan tata surya.

Bahkan, beberapa nelayan mengakui kelong tempat menangkap ikan ada yang sudah memanfaatkan solar sell tenaga surya. Alat tersebut merupakan, wadah penelitian bagi mahasiswa dan dosen Tanjungpinang. Wasiran, seorang nelayan mengungkapkan tenaga surya merupakan alternatif yang bisa diandalkan menggantikan genset yang menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM).

”Sebelumnya ada beberapa peneliti dari mahasiswa dan dosen kampus UMRAH. Penel energi surya itu cukup membantu warga nelayan,” jelas Wasiran. Bahkan, menurutnya, itu bukan hal asing. Sebab beberapa kapal nelayan asing kini yang kerap ditemui di lintas perbatasan telah menggunakan panel tenaga surya. Kapal-kapal nelayan itu, berasal dari Malaysia, Thailand dan Vietnam. Hal ini bukan tidak mungkin, sebab pada siang hari, mesin solar cell tenaga surya mengumpulkan energi surya untuk digunakan malam hari.

Ia berharap, pemerintah dan tenaga ahli seperti dari kampus terus mengembangkan teknologi energi terbarukan. Ibnu Kahfi Bachtiar ST Msc, Dekan Fakultas Teknik (FT) UMRAH sebelumnya mengungkapkan turut mendorong pengembangan energi terbarukan bagi pemerintah daerah.

Menurutnya, energi terbarukan merupakan isu strategis di bidang kemaritiman. FT UMRAH akan lebih banyak berperan, untuk mengembangkan sektor kemaritiman Provinsi Kepri. Termasuk, untuk mendukung penerapan energi terbarukan, informasi serta transportasi.

”Terkait pengembangan energi listrik terbarukan, kami mengupayakan kerja sama dengan pemerintah daerah bersama-sama mengembangkan dan menyediakan solusi listrik kedepannya bagi pulau-pulau,” jelasnya. Hal itu sebagai solusi bagi ketersediaan kebutuhan listrik bagi masyarakat di pulau-pulau terpencil yang sampai kini mungkin dilalui interkoneksi PLN saat ini. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here