Nelayan Harus Leluasa Kelola Laut

0
364
LOKASI SKPT Selat Lampa tempat menampung ikan dari nelayan.F-ISTIMEWA
Wakil Bupati Natuna, Hj Ngesti Yuni Suprati mengajak masyarakat untuk lebih leluasa mengelola secara maksimal potensi perikanan di Kecamatan Pulau Tiga Barat (Pultibar).

TANJUNGPINANG – Kecamatan yang baru diresmikan tiga tahun lalu tepatnya 15 April 2016, memiliki potensi cukup besar di bidang perikanan.

Hal ini disampaikan Ngesti kepada masyarakat, saat melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke kecamatan pecahan Pulau Tiga tersebut, Selasa (9/7).

Menurutnya, dengan diresmikannya kecamatan ini memberikan peluang agar Pulau Tiga Barat untuk lebih leluasa mengelola potensi daerah.

Sehingga, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan upaya percepatan pembangunan di sana.

Ngesti berharap, dengan berdirinya kecamatan Pultibar seluruh unsur dapat berjuang bersama dalam mengejar ketertinggalan pembangunan serta membenahi sektor yang menjadi fokus prioritas.

Untuk saat ini, masih terdapat permasalahan terutama terkait batas wilayah antara Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat.

Ngesti menyebutkan, yang perlu diketahui oleh seluruh masyarakat dan pemerintah kecamatan adalah bahwa batas wilayah sudah ditetapkan.

Baca Juga :  Masyarakat Surati Presiden Soal Kapal

Namun belum memiliki payung hukum, mengingat Peraturan Daerah terkait hal tersebut belum diterbitkan.

Ngesti juga mengatakan, bahwa pada tahun 2020, Kecamatan Pulau Tiga (induk) telah ditetapkan menjadi tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten Natuna.

”Tetapi diingatkan, bahwa kesuksesan penyelenggaraan nanti juga dibutuhkan keterlibatan dari pihak Kecamatan Pulau Tiga Barat. Untuk itu, diharapkan kepada Pemerintah Kecamatan Pulau Tiga Barat untuk terus membangun koordinasi sebagai bentuk dukungan dalam menyukseskan perhelatan tersebut,” sebut Ngesti.

Dalam kunjungannya, Ngesti juga membuka secara resmi perayaan Hari Ulang Tahun Kecamatan Pultibar yang digelar di Lapangan Bola Kaki Desa Pulau Tiga.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana sekaligus Camat Pulau Tiga Barat, Tabrani melaporkan bahwa kegiatan perayaan HUT Kecamatan Pulau Tiga Barat ini disejalankan dengan peringatan hari kemerdekaan RI.

Dimaksudkan untuk meningkatkan silaturrahmi seluruh unsur pembangunan, terutama di Kecamatan Pulau Tiga Barat.

Baca Juga :  2018, Disparbud Gelar Festival Antarsuku

Adapun kegiatan ini, akan diselenggarakan mulai tanggal 09 Juli sampai 09 Agustus 2019.

”Dimana beberapa perlombaan yang akan digelar dalam kegiatan ini diantaranya bidang olahraga, yakni Bola Kaki 56 tim, Bola Volly Putra 40 tim, Bola Volly putri 32 tim dan sepak takraw 32 tim. Turut hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Natuna, beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Mahasiswa PPL UGM, para Kepala Desa, Anggota BPD, tokoh masyarakat dan peserta kegiatan,” ungkap Tabarani.

Namun, Pemkab Natuna masih mengkaji kembali untuk Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di SKPT Natuna.

Karena Ranperda itu, masih banyak kajian yang harus diutamakan dan menjadi proritas bagi daerah. Ada beberapa poin penting yang perlu disejalankan, dan diselaraskan sehingga tidak sampai menjadi gejolak bagi daerah sendiri.

”Sampai saat ini, Ranperda tempat pelelangan ikan masih perlu ada yang diperbaiki dan ditambah lagi. Semua itu masih terus kita lakukan, agar Ranperda ini bisa menguntungkan bagi daerah,” kata Wan Siswandi, Senin (24/6) bulan lalu.

Baca Juga :  Kenang Jasa Yos Sudarso, Pantai Dibersihkan

Ia mengaku, terkait Ranperda tentang pelelangan ikan, sampai saat ini penyerahan asetnya masih dalam proses dari provinsi Kepri ke Natuna.

”Setelah proses penyerahan aset ini selesai, baru dibuat penegasannya sesuai dengan wilayah cakupannya. Jadi kita masih menunggu pihak Kementrian menyelesaikan adminatrasinya. Terpenting siapa yang mengelola, secara oprasional berjalan namun asetnya tetap Natuna,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, ada beberapa poin dalam Ranperda yang perlu ditambah diantaranya, aturan yang mengharuskan bagi kapal-kapal nelayan yang beroperasi mencari ikan diperairan Natuna, diharapkan melelangkan ikan hasil tangkapannya di SKPT. (HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here