Nelayan Harus Waspadai Gelombang Laut

0
522
TURUNKAN PENUMPANG: Kapal Mv Lingga Permai saat menurunkan penumpang di Senayang. f-dokumen/tanjungpinang pos

LINGGA – Ombak tinggi di perairan Kepulauan Riau (Kepri) termasuk di Kabupaten Lingga, membuat nelayan harus berhati-hati dalam melakukan aktivitas baik menjaring ikan ataupun transportasi laut. Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, kondisi cuaca di Kabupaten Lingga untuk beberapa hari ke depan akan berpeluang terjadinya hujan yang bersifat ringan. Namun, hujan yang turun disertai angin kencang dan juga petir.

Terjadinya hal itu disebabkan, terdapatnya penumpukan massa udara akibat adanya daerah belokan angin (Shearline) di wilayah Kepri dan juga berdampak di Kabupaten Lingga. ”Secara umum, kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara. Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan, diimbau agar berhati-hati terhadap arus laut dan ombak yang kuat di seluruh wilayah perairan Kepulauan Riau, termasuk perairan Lingga,” kata Mauli, Senin (28/8).

Ia menjelaskan, saat ini tinggi gelombang yang terjadi di perairan Lingga khususnya yakni dari 0,2 – 0,7 meter dan arus permukaan 50 cm/detik dari arah Tenggara. ”Kalau untuk titik rawannya tidak ada. Paling-paling yang perlu diperhatikan itu, suatu daerah yang tidak baik daya serap air seperti drainase nya tidak baik, sungai yang dangkal dan tidak ada batu miring yang dipinggir jalan pada sisi tebing. Itu bisa membuat banjir dan tanah longsor,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here