Nelayan Jadi Incaran Rampok Bersenpi

0
257
Empat nelayan Pulau Nuja mengaku telah dirampok saat mencari udang di Laut Posek.

LINGGA – Empat warga Pulau Nuja, Desa Busung Panjang, Kecamatan Kepulauan Posek, Lingga, mengaku telah dirampok orang tak dikenal saat menjaring udang di laut bagian Selatan Karang Enam, Rabu (26/6) kemarin.
Empat orang tersebut adalah kapten dan kru Kapal Motor (KM) Sukes yang berbonot 6 GT. Diantaranya, Sunar (39) asal Kuala Enok Ardi Paralu (27), Ijal (28) dan Ilis (47).

“Mereka menjaring udang menggunakan KM Sukses diketahui milik warga Desa Busung Panjang, Kecamatan Kepulauan Polsek,” kata Popo (50) warga Desa Posek yang ikut membantu mengevakuasi korban dari laut ke Desa Posek.

Dikatakannya, ke empat korban mengaku di tawan saat melakukan aktivitas disekitar Laut Pukau Nuja, Pukul 01.30 WIB dini hari.

Ia menuturkan, masih berdasarkan keterangan korban, ketika menjaring sebuah kapal menabrak bagian sisi kanan kapal milik mereka, kemudian para pelaku naik ke kapal.

Lalu salah seorang pelaku menodong seorang korban, Ijal (28) menggunakan senjata yang diperkirakan jenis laras pendek (pistol) sembari berkata ‘jangan bergerak’, sementara tiga orang rekannya lainnya ditodong menggunakan senjata tajam jenis badik.

“Para pelaku lainnya langsung menjarah barang-barang yang ada di dalam kapal motor diperkirakan pelaku melakukan aksi sekitar 15 menit, setelah itu, para pelaku lansung pergi,” katanya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Para korban saat ini sudah berada di Pulau Mas, Desa Posek Kecamatan Kepulauan Posek, Lingga. Kondisi mereka dalam keadaan aman dan sehat setelah dibantu oleh beberapa orang nelayan Desa Posek untuk diselamatkan ke Pulau Mas, Desa Posek.

“Informasnua perampok delapan orang dan salah satunya memakai senjata api jenis pistol,” katanya.

Disebutkan, perampok mengambil empat buah handpone, peralatan Satelite (GPS) merk BRUNO, tiga unit aki mesin kapal, satu unit peralatan radio orari dan udang hasil tangkapan kurang lebih 50 kilogram, dengan total kerugian diperkirakan kurang lebih Rp22 juta.(tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here