Nelayan Malang Rapat Dapat 48 Ketinting

0
455
PLT Gubernur Kepri H Isdianto saat mengadakan pertemuan dengan komunitas nelayan Malang Rapat, Bintan, Kamis (25/7).f-istimewa/humas pemprov kepri

BINTAN – Puluhan masyarakat nelayan Malang Rapat Kabupaten Bintan semringah ketika Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto mengabulkan permintaan mereka atas 48 unit perahu ketinting dan akan digulirkan bantuan tersebut di tahun 2019 ini juga.

Pertemuan Plt. Gubernur Kepri dengan komunitas nelayan Malang Rapat, Kabupaten Bintan ini berlangsung, Kamis (25/7) dalam suasana santai di pinggir pantai.

Pertemuan ini difasilitasi langsung oleh Kepala Desa Malang Rapat Safarius Boli Rahman dan ketua komunitas nelayan pesisir Eko Cahyono.

Hadir dalam kesempatan ini para nelayan dari Berakit, pulau Kampe, Teluk Dalam, Tanjung Keling dan kampung Mengkurus.

Sedangkan Plt Gubernur didampingi Kadis Pertanian Kehutanan dan Peternakan Kepri Ahmad Izhar.

Masyarakat Malang Rapat yang mengaku sebagai pelaku langsung kegiatan nelayan tersebut sebagian besar mengaku belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah dalam bentuk apapun juga.

Baca Juga :  Tagih Uang Listrik di Stan MTQ Provinsi

Diakuinya memang selalu ada bantuan yang mengalir ke desanya, hanya saja bantuan tersebut hanya itu-itu saja orangnya yang menerima.

Masalah lainnya, jenis bantuan yang diberikan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, pada akhirnya banyak yang dijual.

Selain meminta bantuan perahu ketinting, juga ada keluhan lainnya yang diutarakan oleh masyarakat Malang Rapat.

Diantaranya masalah pelabuhan dan keberadaan tambak udang yang limbahnya mengganggu kebersihan laut dan aktivitas nelayan.

Menanggapi berbagai keluhan masyarakat tersebut Plt. Gubernur hanya bisa memnastikan jika di tahun 2019 ini Pemprov hanya bisa memberikan perahu ketinting.

Selebihnya menyusul di tahun berikutnya. Sedangkan masalah tambak udang, Plt. Gubernur agar mengkoordinasikannya ke Pemkab Bintan terlebih dahulu, karena sudah tentu ada proses izin sebelumnya.

Baca Juga :  Judulnya Kepanjangan

”Kehadiran saya disini sebagai bukti kokitmen pemerintah terhadap masyarakat nelayan Malang Rapat. Meskipun saya lambat baru bisa menghadiri undangan ini, namun saya yakin saya belum terlambat. Saya nak tau berapa jumlah nelayan, apa yang dibutuhkan, dan apa aja yang bisa kita akomodir,” kata Isdianto.

Masyarakat juga diminta harus sabar karena bantuan yang diberikan tidak sekaligus. Namun Istianto meminta masyarakat untuk tetap yakin bahwa pemerintah sangat peduli terhadap masyarakat nelayan.

”Kue kita ni cuma sejumpat, sudah tu dibagi 7 kabupaten dan kota pula. Harap maklum kalau dari semua yang diminta tadi untuk saat ini baru sebatas 48 perahu ketinting yang bisa diberikan. Nanti di daerah lain juga kuta bantu bentuk lain lagi. Makanya harap bersabar lah ya. Mudah-mudahan tahun depan bisa ada tambahan lagi untuk merehab dermaga yang diminta,” terang Isdianto.

Baca Juga :  BP Batam Incar 1,5 Juta TEUs Per Tahun

Isdianto juga meminta kepada masyarakat Malang Rapat untuk senantiasa memberikan dukungan doa terbaik untuk Pemerintah Kepulauan Riau. Dengan harapan agar bisa melayani masyarakat dengan merata.

”Yang jelas kehadiran saya ini bagian bukti keseriusan pemerintah terhadap masyarakatnya. Dan bantuan ketinting ini ada dalam program bantuan Rumah Tangga Perikanan (RTP),” kata Isdianto. (mas/ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here