Nelayan Tak Tahu Cara Dapatkan Bantuan

0
632

TANJUNGPINANG – MASYARAKAT Desa Mensanak, Kecamatan Senayang inginkan bantuan berupa alat tangkap serta kapal dari pihak pemerintah. Sejak 4 tahun terakhir, nelayan setempat tidak menerima bantuan seperti daerah lainnya. Hal ini diungkapkan seorang nelayan Desa Mensanak Sadi, kemarin. ”Terakhir ada bantuan tahun 2013, dan itu pun hanya satu kapal saja. Setelah itu tidak ada lagi sampai tahun ini,” ujar Sadi.

Ia menjelaskan, selama ini nelayan di Desa Mensanak tidak mengetahui apa persyaratan unttuk mendapatkan bantuan. Selain itu, pihak pemerintah kecamatan dan desa tidak ada memberikan sosialisasi bagaimana cara mendapatkan bantuan. ”Kami hanya nelayan, dan kami tidak mengetahui bagaimana cara mendapatkan bantuan seperti alat tangkap hingga kapal. Yang kami dengar, tiba-tiba kami menerima informasi ada satu nelayan yang mendapatkan bantuan,” jelas Sadi.

Ia berharap, pemerintah kecamatan dan desa memberikan informasi sedetil-detilnya jika ada bantuan untuk nelayan. Sehingga, para nelayan bisa mengupayakan persyaratan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Sadi menilai, beberapa nelayan yang sebelum-sebelumnya menerima bantuan memiliki kedekatan dengan pihak kecamatan atau lainnya. ”Terkadang kami merasa kecewa, ada bantuan dari pemerintah. Tetapi yang mendapatkannya, memiliki hubungan kedekatan dengan pihak aparatur pemerintah. Sehingga tidak tepat sasaran,” terangnya.

Sadi mengakui, keterbatasan akses informasi menjadikan masarakat nelayan Desa Mensanak tidak mengetahui informasi ketika ada bantuan. Sebab, media cetak tidak sampai ke desanya jika ada pemberitaan informasi terkait adanya bantuan untuk nelayan. ”Kami masyarakat kecil, dan tidak mampu jika harus membeli kapal beserta mesin. Sedangkan untuk mencari ikan harus jauh dari bibir pantai,” katanya.

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau Dapil Lingga, Hanafi Ekra berharap, pemerintah dapat memetakan daerah dan mendata masyarakat yang berhak untuk mendapatkan bantuan kebutuhan bagi para nelayan di seluruh Kepri.

”Hendaknya, dinas terkait dapat harus masyarakat nelayan yang membutuhkan bantuan tersebut. Sehingga, bantuan yang diberikan menjadi tepat sasaran dan pemberian bantuan diberi bukan hanya sebatas adanya permintaan saja,” kata Hanafi, Sabtu (9/9).

Menurutnya, persyaratan untuk mengajukan bantuan memang sangat diperlukan. Namun sayangnya, syarat itu tidak diketahui banyak masyarakat di desa-desa yang tidak mengerti akan pengurusan administrasi.

Tentunya harus ada sosialisasi pemahaman, dari pemerintah setempat kepada masyarakatnya. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau Edy Sofyan mengatakan, pihaknya akan mengkroscek terhadap alokasi bantuan yang ada selama ini.

”Nanti saya akan cek langsung ke bagian staf, yang menangani alokasi bantuan untuk para nelayan di Kepri, terutama untuk para nelayan di Desa Mensanak Senayang Lingga tersebut,” kata Edy Sofyan singkat.(ADLY BARA-SUSANTO)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here