Nelayan Terima 20.500 Bibit Ikan Kakap

0
48
BUPATI Karimun Aunur Rafiq didampingi Camat Buru Helmi menyerahkan bibit ikan kakap putih kepada petani tambak, Minggu (22/4) siang. F-ISTIMEWA

Bupati Karimun Aunur Rafiq menyerahkan 20.500 bibit ikan Kakap Putih kepada petani budidaya ikan di Desa Tanjung Batu Kecil, Buru, Karimun.

KARIMUN – Rafiq tidak hanya menyerahkan bantuan namun juga berdialog dengan beberapa petani budidaya, Minggu (22/4) siang. Bantuan bibit ikan kakap putih sebanyak 20.500 ekor diperoleh dari Balai Perikanan Budidaya Laut Batam Direktorat Perikanan Budidaya.

Bibit itu untuk meningkatkan pengembangan budidaya ikan yang dikelola oleh petani tambak. Sebelumnya, Aunur Rafiq saat meninjau tambak pertama kali mengatakan kepada petani tambak akan mengupayakan bibit ikan kakap putih.

”Alhamdulilah, bibit telah diberikan. Ini menjadi awal pengembangan budidaya ikan kakap putih. Diberikan atas permintaan, kiranya hasil panen kelak sesuai dengan harapan petani. Jika ada keluhan tentang pengembangbiakan dapat berkordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan,” kata Aunur Rafiq.

Disaat yang sama, ia menginstruksikan staf DKP sesegera mungkin menindaklanjuti laporan petani tambak ikan. Jika ada kendala, seperti tata cara memberikan pakan sesuai dengan ukurannya termasuk kesehatan ikan perlu dipantau. ”Walaupun tak ada kendala, DKP harus memperhatikan perkembangannya,” tambah Rafiq.

Camat Buru Helmi, turut di ingatkan untuk memantau perkembangan ikan kakap putih yang dikelola petani tambak. Jika ada kendala, dapat hadir dan memberikan masukan kepada petani. Sehingga, saling bersinergi untuk pengembangan budidaya ini.

”Bibit ikan kakap putih telah dimasukkan kedalam tambak, dalam beberapa bulan ke depan akan panen. Target pemasaran adalah di Karimun dan Batam, dan jika bibit kali ini berhasil maka bibit ikan akan ditambah dan tambak ikan sebaiknya ditambah,” saran Rafiq.

Pemerintah Kabupaten Karimun membuat rencana pembangunan sesuai dengan potensi didaerah tersebut. Jika cocok mengelola pertanian, maka akan dikembangkan sektor pertanian. Pemerataan pembangunan, akan merata dari perkotaan sampai pedesaan.
Dengan demikian, diharapkan perekonomian Kabupaten Karimun terus meningkat. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here