Nelayan Vietnam Ditangkap

0
671
Dua KIA asal Vietnam yang diamankan KRI Bung Tomo 357, Jumat pekan lalu.f-hardiansyah/tanjungpinang pos

NATUNA – Sebagai lumbung ikan, perairan Natuna masih jadi sasaran pencurian ikan nelayan asing. Meski berkali-kali ditangkap, namun pelaku lain tetap berdatangan dari negara tetangga untuk mencuri ikan di Natuna.

KRI Bung Tomo 357 kembali menyerahkan tangkapan dua Kapal Ikan Asing (KIA) asal Vietnam yang diduga mencuri ikan di perairan Natuna. Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E menerangkan, pihaknya menerima berkas perkara dan barang bukti dua buah Kapal Ikan Asing (KIA) asal Vietnam.

Baca Juga :  Sudah Bisa Cetak KK-Akta Sendiri

Kedua kapal tersebut merupakan tangkapan dari KRI Bung Tomo 357 dan telah di dermaga Sabang Mawang Kecamatan Pulau Tiga Natuna. ”Betul, kita telah menerima berkas perkara dan barang bukti hasil tangkapan dari KRI Bung Tomo 357. Berdasarkan data kedua KIA Vietnam diantaranya BV 5643 TS dan BV 0627 TS, serta alat tangkap Pair Trawl yang jelas dilarang pemerintah Indonesia,” Kata Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan. Jumat (8/6) kemarin.

Danlanal Harry menjelaskan, kedua KIA Vietnam tersebut, ditangkap diduga melakukan kesalahan berupa melaksanakan kegiatan penangkapan ikan di perairan ZEE Indonesia tanpa dilengkapi dengan dokumen.

Baca Juga :  Life Jacket Cuma Pajangan

”Kedua KIA Vietnam tersebut, selanjutnya dikawal menuju ke dermaga Sabang Mawang untuk diserahkan kepada Lanal Ranai untuk diproses lebih lanjut,” jelasnya.

Keberadaan KRI TOM 357 di perairan Natuna dalam rangka melaksanakan Opserasi Laga Sagara 18 dan di bawah Kendali Operasi (BKO) Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada I. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here