Nilai Tes Tiga Calon Sekda sudah di Bupati

0
406
ABDUL HARIS,SH

Anambas – BERDASARKAN surat nomor 03/BKPSDM.BA.821/01.17, ada tiga nama yang lulus untuk jabatan Calon Sekda Anambas, yakni Asmarullah, Ody Karyadi dan Sahtiar.

Ketiga orang itu sudah selesai mengikuti open bidding dan nilainya sudah diserahkan kepada Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris.

Semua keputusan akhir akan di putuskan oleh kepala daerah untuk menilai di antara tiga orang tersebut mengisi jabatan selaku Sekda defenitif.

”Kebijakan mengenai keputusan jabatan itu kepala daerah yang memiliki kewenangan, panitia seleksi hanya memberi rekomendasi saja,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kepulauan Anambas Linda Maryati kepada wartawan, Senin (30/1).

Menurutnya, setiap orang yang telah lulus verifikasi seleksi bisa mendaftar tiga jabatan di jabatan eselon IIb (Kepala Dinas).

Untuk hasil nilai dari uji kompetensi tersebut pihak pansel tidak bisa memberikan kepada masing-masing yang mengikuti open bidding tersebut, sebab hal itu sudah menjadi aturan yang berlaku. Pansel hanya memberi nilai kepada kepala daerah, namun jika kepala daerah ingin memberitahukan, itu dibenarkan.

Ia menambahkan, sebelumnya jumlah peserta open bidding eselon IIb sebanyak 15 orang, ditambah dengan 3 orang yang ikut open bidding jabatan sekda.

Sementara, dinas yang mengalami kekosongan jabatan secara defenitif ada 5 instansi. Artinya, dari 15 orang tersebut mengikuti seleksi untuk mengisi jabatan yang kosong itu, masing-masing instansi yang akan direkomendasi kepada kepala daerah oleh pansel sebanyak 3 orang.

”Hasil nilai dari seleksi tidak bisa diumumkan, kecuali kepala daerah berkeinginan dan itu tergantung bupati. Pastinya pansel tidak bisa memberitahukan nilai dari masing-masing peserta yang mengikuti open bidding,” jelasnya.

Kata Linda, kepala daerah tidak bisa mengintervensi kepada tim pansel dalam memberikan nilai itu. Semua sudah dilakukan sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku.

Pada 6 Februari mendatang, bupati akan mengumumkan hasilnya. Ia juga berharap pelantikan kepada setiap eselon IIb dan sekda bisa dilaksanakan secepatnya dan pihaknya menunggu perintah dari bupati.

”Mengenai pelantikan bagi peserta open bidding yang dipilih, kita tetap menunggu perintah dari bupati dan jika bisa dipercepat itu lebih baik,” tutupnya. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here