Noor Lizah Nurdin Satu Hari Penuh Ikuti Kegiatan Sosial

0
186
NOOR Lizah Nurdin saat meninjau pameran foto pembangunan di Kepri Mal Batam, Kamis (13/12). f-istimewa/humas pemprov kepri

BATAM – Sepanjang, Kamis (13/12) di Kota Batam Ketua LKKS Provinsi Kepri, yang juga istri Gubernur Kepri, Hj. Noor Lizah Nurdin mengikuti berbagai kegiatan sosial.

Mulai dari menghadiri isbat nikah massal, mengunjungi anak-anak imigran sampai meninjau pameran foto pembangunan Provinsi Kepri. Tiba di Batam sekitar pukul 11.00 WIB, Noor Lizah Nurdin langsung menuju Masjid Darul Ghufron Kecamatan Sagulung untuk menyaksikan prosesi sidang isbat nikah 15 pasutri.

Acara bakti sosial nikah massal gratis tersebut merupakan agenda tahunan LKKS Kepri bekerjasama dengan Dinas Sosial Kepri.

Menurut Noor Lizah, LKKS memandang penting pelaksanaan program isbat nikah tersebut. Tujuannya untuk memberikan identitas pada anak-anak hasil perkawinan nikah siri. Akta nikah merupakan syarat utama dalam pengurusan akte lahir anak dan dokumen kependudukan lainnya.

Isbat nikah ini bertujuan untuk mendapatkan akta nikah yang merupakan payung hukum dalam pernikahan.

”Pasangan yang tidak punya akta nikah secara otomatis telah menghilangkan identitas anak-anaknya yang lahir dari perkawinan tersebut. Anak-anak tidak bisa mendapatkan akte lahir mereka,” ungkap Noor Lizah di hadapan para pasutri peserta nikah massal dan keluarga besarnya.

Akta nikah, lanjut Noor Lizah tidak hanya untuk pembuatan akte lahir anak, tetapi juga untuk perlindungan hukum apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perkawinan.

Akte nikah juga berguna untuk persoalan hak waris dan lainnya. Dan yang terpenting adalah memberikan kesadaran hukum kepada masyarakat.

Selesai memberikan bingkisan dan uang transport serta teput tepung tawar kepada 15 pasutri isbat nikah, Noor Lizah Nurdin berkesempatan memberikan insentif bagi anggota Tagana Kepri.

Insentif tersebut merupakan insentif terakhir penutup tahun 2018.

”Saya ucapkan terimakasih atas kepedulian dan pengorbanan kawan-kawan Tagana Kepri yang sangat peduli dalam aksi sosial untuk bencana. Semoga kita semakin kompak.ke depannya. Dan mak tambah lagi insentifnya,” ujar Noor Liza dengan canda dan ditutup dengan foto bersama seluruh Tagana Kepri.

Usai itu Noor Lizah melanjutkan kegiatan melihat aktifitas anak-anak imigran sembilan negara di Hotel Kolekta Batam.

Diantara negara itu adalah Sudan, Somalia, Irak, Afganistan, dan Euthopia.

Tiba di Hotel Kolekta, tempat penampungan 400 imigran tersebut, Noor Lizah Nurdin disambut dan kerumuni 50 anak-anak imigran.

Anak-anak yang rentang usianya berkisar 2-10 tahun tersebut bersalaman, memeluk dan mencium Noor Lizah yang mereka panggil dengan sebutan ‘good mother’. Setelah itu Noor Lizah membagikan es krim dan bingkisan kepada anak-anak tersebut.

Noor Lizah hadir pada kesempatan tersebut hadir untuk membuka acara Batik Girl SM Refugees. Yakni sebuah Program pelatihan bagi para perempuan-perempuan imigran yang ditampung di Batam. Pelatihan yang dilakukan membuat baju boneka batik untuk program Batik Girl for ASEAN.

”Saya selaku penasehat Program Batik Girl sangat berterima kasih dilaksanakannya kegiatan ini. Para imigran diberikan kegiatan positif dan seni untuk mengisi hari-hari mereka agar dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat,” harapnya.

Saat berbincang-bincang dengan para imigran disampaikan beberapa kendala yang mereka hadapi di lapangan. Salah satunya adalah sekolah yang belum memadai untuk anak-anak mereka. Termasuk kebutuhan kuliah di universitas negeri.

Menanggapi hal tersebut, Noor Lizah berjanji akan menyampaikan keluhan mereka ke Gubernur Kepri Nurdin Basirun berserta ide-idenya untuk mengatasi berbagai kendala imigran. ”Nanti saya ajak juga Bapak Gubernur ke sini. Sampaikan pada beliau apa yang menjadi kendala di bidang pendidikan dan sosial. Semoga ada jalan,” ujar Noor Lizah.

Menutup kegiatan sosialnya, Noor Lizah menyempatkan diri mengunjungi pameran foto Pembangunan Kepri di Kepri Mall. Ketibaannya disambut Kasubbag Peliputan dan Dokumentasi Biro Humas, Protokol dan Penghubung Kepri, Sukaesih, S.Kom yang sekaligus mendampingi melihat-lihat pameran foto.

Pameran foto tersebut menyajikan berbagai kegiatan Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda, istri Gubernur, istri Wagub dan istri Sekda serta berbagai tokoh nasional yang melakukan kegiatan di Kepri. ”Bagus-bagus foto-fotonya. Dan saya masih ingat berbagai kegiatan yang tersimpan di foto-foto ini. Semoga semakin banyak pembangunan yang dibuat oleh para pemimpin Kepri,” katanya mengakhiri kunjungan. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here