Noorlizah Cakap ASN Perempuan Tak Boleh Takut

0
269
KAMPANYE KANKER: Dewan Penasehat DWP Kepri Hj Noorlizah Nurdin Basirun mengampanyekan deteksi dini kanker serviks dan payudara bersama pengurus DWP Kepri, YKI, IAD dan Kadinkes Kepri Tjejep Yudiana, di Dompak, Selasa (24/10) kemarin. f-istimewa

Seminar Deteksi Kanker Serviks dan payudara

DOMPAK – Penyakit kanker serviks dan payudara selalu mengintai kesehatan kaum ibu. Justru itu, Dewan Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Kepri Hj Noorlizah Nurdin Basirun menyatakan, kaum ibu dan ASN perempuan tak perlu takut untuk mendeteksi dini terhadap penyakit mematikan tersebut.

”Ibu-ibu tak boleh takut, untuk memeriksakan diri terhadap penyakit kanker serviks dan payudara ini. Harus kita deteksi secara dini,” pesan Hj Noorlizah, saat membuka seminar awam pengetahuan tentang kanker dan bakti sosial pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) leher rahim (serviks) dan payudara (sadanis), di Aula Balairung Wan Sri Beni, Dompak, Selasa (24/10) kemarin.

Kegiatan pemeriksaan kanker serviks dan payudara secara gratis ini dilaksanakan selama tiga hari. Seminar yang diikuti 500-an kaum ibu dari Kabupaten Bintan, Kota Tanjungpinang, DWP se-Kepri dan ASN wanita Pemprov Kepri ini merupakan ide (inisiatif) Hj Noorlizah. Pemeriksaan dan seminar tersebut dilaksanakan atas kerja sama dengan YKI Kepri, IAD dan Dinas Kesehatan Provinsi Kepri.

”Pemeriksaan gratis ini dilakukan sampai, Kamis (26/10) besok. Sampai saat ini, belum ada terindikasi kaum ibu yang menderita kanker serviks maupun kanker payudara. Tapi bagaimana pun, kita selalu waspadai penyakit ini,” harap Noorlizah lagi.

Jika dilakukan deteksi secara dini, lanjut Hj Noorlizah, maka akan cepat pula penyakit tersebut diketahui dan bisa dilakukan pengobatan. Justru itu, kaum ibu dan perempuan tidak perlu khawatir atau takut, untuk memeriksakan kesehatannya.

Seminar dan pemeriksaan kanker serviks dan payudara ini dilaksanakan, dalam rangka memperingati bulan peduli kanker 2017 Indonesia. Tujuannya untuk mewujudkan wanita di Kepri bebas dari kanker. Sekaligus memberikan pengetahuan kepada ASN dari kalangan perempuan dan kaum ibu dharma wanita, tentang arti pentingnya pemeriksaan IVA dan sadanis ini.

”Semoga kaum perempuan di Kepri ini, sehat selalu,” demikian diharapkan Hj Noorlizah. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here