Normalisasi Bantu Kurangi Banjir

0
227
Petugas membersihkan drainase yang tersumbat. F-Istimewa

TANJUNGPINANG – Persoalan banjir di Kota Lama masih sering di keluhkan warga. Khususnya di kawasan pasar sampai dengan Jalan Tambak, Bakar Batu, Potong Lembu dan beberapa lainnya.

Penyebabnya beragam, diantaranya drainase yang tersumbat dengan sampah-sampah, butuh pelebaran drainase sampai dengan pembuatan drainase di kawasan itu.

Terkait persoalan yang dikeluhkan masyarakat, anggota DPRD Tanjungpinang, Reni pun meminta Dinas

PU Kota Tanjungpinang melalaui Bidang Sumber Daya Air (SDA) melakukan normalisasi di drainase yang tersumbat.

Reni menjelaskan, untuk kawasan banjir tertentu tetap butuh penanganan dengan skala lebih besar. Menurutnya, dapat diselesaikan bukan hanya dengan APBD Pemko namun juga perlu bantuan provinsi maupun pusat melalaui Satker.

Ia menuturkan, disebagian kawasan normalisasi perlu, agar air lebih lancar mengalir khususnya saat hujan turun. Selain itu, mengurangi bau tak sedap dan membersihkan lingkungan.

Dituturkannya, dari pantauan di lapangan beberapa drainase tersumbat, maka petugas dari Dinas PU berupaya membersihkan di beberapa titik yang dinilai perlu.

“Mudahan-mudahan bermanfaat, mungkin khusus kawasan banjir, normalisasi tidak serta merta selesai namun sudah mengurangi,” tuturnya.

Ia juga menerima masukan dari warga, posisi pipa-pipa air ke rumah yang berada di atas drainase bisa dirapikan. Tak jarang, bila terjadi kecoran air dari drainase masuk ke pipa.

Ini mengakibatkan air bersih ke rumah warga tercemar.

“Kita terima aduan ini dari masyarakat, kita respon semampu yang dilakukan Pemko saat ini,” ucapnya.

Sebelumnya, ia bersama warga dan Dinas Pertamanan Pemko Tanjungpinang, merapikan pohon yang sudah besar dan tua. Ini juga atas permintaan masyarakat setempat. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here