November, 13 Desa Gelar Pilkades Serentak

0
366
BUPATI Bintan H Apri Sujadi berdiskusi dengan Asisten 1 Setdakab Ismail, Kabag Hukum Nurhayati dan Kabag Pemerintahan Herika saat berkonsultasi Pilkades, di Kemendagri, belum lama ini. F-ISTIMEWA/kominfo

BINTAN – PEMKAB Bintan telah menetapkan, jadwal pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) tahap kedua untuk 13 desa wilayah Kabupaten Bintan. Pelaksanaan Pilkades serentak 13 desa ini digelar, pada November 2018 mendatang.

13 desa yang melaksanakan Pilkades ini antara lain Desa Sebong Lagoi di Kecamatan Teluk Sebong). Untuk di Kecamatan Teluk Bintan yaitu Desa Pangkil, Desa Penaga, Desa Bintan Buyu dan Desa Tembeling, serta Desa Gunung Kijang di Kecamatan Gunung Kijang. Di Kecamatan Tambelan, Pilkades dilaksanakan di Desa Kampung Hilir dan Desa Mentebung.

Di Kecamatan Toapaya akan dilaksanakan di Desa Toapaya Selatan, dan Desa Toapaya Utara. Di Kecamatan Sri Kuala Lobam yaitu di Desa Busung dan Desa Teluksasah. Sementara, di daerah Kecamatan Bintan Pesisir, Pilkades hanya dilaksanakan di Desa Kelong.

Kabag Pemerintahan Setdakab Bintan Herika Silvia mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan proses persiapan tahapan Pilkades tersebut. Pemkab Bintan menargetkan, untuk proses tahapan Pilkades hingga pelantikan kades terpilih, paling lambat sudah selesai Januari 2019 mendatang.

”Saat ini, kita sedang melakukan proses tahapan-tahapan menjelang pelaksanaan Pilkades di beberapa desa,” sebut Herika, di ruang kerjanya, Bandar Seri Bentan, Senin (13/8) kemarin.

Khusus untuk Desa Bintan Buyu, saat ini masih proses. Sehingga, pada saat tahap persiapan ini, pemerintah Desa Bintan Buyu belum melaksanakan kegiatan. Termasuk pembentukan panitia pemilihan (panlih).

Untuk tahapan Pilkades serentak di 13 desa ini, tegas Herika, sudah dikonsultasikan kepada Bupati Bintan H Apri Sujadi. Diharapkan, Pilkades berjalan aman, lancar dan sukses. Sehingga, kepala desa terpilih dapat langsung berkonsentrasi menjalankan program pemerintahan, di tingkat desa, secepatnya. Pemerintah desa hendaknya dapat mensinergikan programnya dengan program unggulan Pemkab Bintan, guna percepatan terwujudnya visi dan misi pemerintah.

”Selain itu, kades yang masa jabatannya habis pada bulan Januari 2019 mendatang, harus mengundurkan diri, jika ingin mengikuti Pilkades berikutnya,” ujar Herika.

Sebelumnya, Bupati Bintan H Apri Sujadi mengatakan, pelaksanaan Pilkades harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan. ”Kita sudah konsultasi ke Kemendagri, untuk pelaksanaan Pilkades serentak, November 2018 nanti. Intinya, Pilkades mesti dilaksanakan sesuai aturan,” kata H Apri Sujadi, belum lama ini. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here