November, Hujan Sering Turun di Tanjungpinang

0
405
Prediksi cuaca: Prakirawan Stasiun BMKG Tanjungpinang Bhakti Wira Kusumah menunjukkan predisksi cuaca, kemarin. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Hujan dengan intensitas rendah hingga sedang akan sering mengguyur Kota Tanjungpinang memasuki awal November ini. Hal ini dikatakan Prakirawan Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, Bhakti Wira Kusumah.

Ini dikarenakan, terdapat tekanan rendah berasal dari laut Cina Selatan terhimbas ke wilayah Provinsi Kepri termasuk Kota Tanjungpinang. Kondisi ini membuat pertumbuhan hujan bakal cukup tinggi.

Ditambah lagi, adanya tekanan udara rendah terjadi dibagian Barat Sumatera. Secara otomatis tekanan rendah menyimpan atau mengumpulkan uap air cukup banyak. Sehingga terjadilah turun hujan.

Bahkan dalam sehari bisa lebih dari satu kali. Seperti perkiraan, hari ini, Jumat (10/11) sesuai web BMKG hujan ringan di pagi hari. Berawan di siang dan malam hari. Dilanjutkan hujan turun dini hari. Sedangkan Sabtu, (11/11) berawan di pagi sampai malam dan turun hujan dini hari.

”Hujannya tidak sama setiap hari, bisa pagi, siang malam atau dini hari. Sifatnya berubah-ubah,” kata Bhakti Wira Kusumah kepada Tanjungpinang Pos, rabu (9/11).

Tipe hujan menurutnya ada beberapa yaitu ringan, tapi hanya lokal. Bisa juga, ringan tapi merata secara keseluruhan di Tanjungpinang. Selain itu, hujan turun deras lokal atau yang sifatnya merata. ”Kita bisa lihat cuaca Rabu yang terlihat berawan. Awan seperti ini bakal terjadi turun hujan. Bisa jadi hujan deras atau lokal,” ucap dia.

Kalau cuaca mendung, kata dia, suhu udara berkisar 24-31 derajat celcius.
Ini artinya tidak terlalu panas. Dibandingkan hari sebelumnya, cukup panas.
Ia meminta kepada masyarakat perlu waspada, dengan cuaca sering berubah-ubah.

Terutama cuaca berawan dan kehitaman atau kumulonimbus. Masyarakat perlu berhati-hati. Biasnaya selain potensi terjadi turun hujan. Ditambah lagi adanya potensi petir.

Bila di luar rumah pastikan berada di tempat yang aman. ”Khawatir itu hujan disertai dengan petir dengan kekuatan tinggi, perlu waspada,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here