NU Gelar 1 Miliar Shalawat Nariyah

0
633
Fadholi Farkhan

Peringatan Hari Santri 22 Oktober

TANJUNGPINANG – Untuk peringatan Hari Santri setiap 22 Oktober, Pengurus Cabang Nahdatul Ulama Kota Tanjungpinang menggelar berbagai kegiatan. Tahun ini kegiatan yang dilakukan di antaranya, pembacaan 1 miliar Shalawat Nariyah.

Ketua panitia pembacaan 1 miliar shalawat Nariyah Ustaz Fadholi Farkhan mengatakan, acaranya akan digelar di Pondok Pesantren Al-Kausar, Sabtu (21/10) malam. Pembacaan 1 miliar Shalawat Nariyah ini mengambil tema; “Meneguhkan peran santri dalam bela negara, menjaga pancasila & NKRI”.

”Pesertanya juga akan dihadiri santri-santri yang ada di Tanjungpinang,” kata Ustaz Fadholi Farkhan, kemarin.

Baca Juga :  Peserta Open Bidding Ikut Asessment

Kata dia, sesuai dengan surat edaran dari PBNU meminta warga NU dan juga kalangan pesantren untuk bersama-sama serentak membaca shalawat Nariyah di masing-masing lokasi dan titik domisilinya.

”Kegiatan ini sudah pernah dilakukan tahun lalu dan diikuti serentak warga NU dari Sabang sampai Merauke,” ujarnya.

Fadholi menuturkan, ada beberapa tujuan yang diharapkan dari kegiatan ini. Pertama, mengharap berkah dan sekaligus memohon pertolongan kepada Allah agar bangsa Indonesia selamat dari ancaman apapun.

”Ini penting dilakukan agar kita tetap senantiasa hidup damai dan semoga menjadi apa yang disebut sebagai baldatun thoyyibatun wa rabbun ghafur,” ucapnya.

Baca Juga :  Produk Olahan Siswa Ikut Bazar Kadin

Kedua, lanjut dia, dalam momentum pembacaan 1 miliar shalawat Nariyah ini, NU juga ingin mengenang dan sekaligus mendoakan para pahlawan yang gugur dan tulus membela kedaulatan Tanah Air.

”Jasa mereka, utamanya para ulama, selain harus kita kenang, yang tidak kalah penting adalah harus kita teladani,” katanya.

Ketua NU Kota Tanjungpinang HM Juramadi Esram menambahkan, keputusan Presiden nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri.

”Ini menjadi bukti nyata peran serta ulama, santri dan pondok pesantren dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia,” tegasnya.

Baca Juga :  Puluhan Peserta Zikir dan Rukiah Histeris

Pembacaan 1 miliar shalawat Nariyah ini rencananya akan dihadiri Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah, dan wakilnya H Syahrul. Sedangkan yang akan memberikan ceramah agama yaitu Ketua MUI Tanjungpinang Ustaz Bambang Maryono.

”Santri dan masyarakat akan hadir dalam pembacaan 1 miliar Shalawat Nariyah nanti,” bebernya. (bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here