Nurdin Antar JCH ke Pintu Pesawat

0
720
ANTAR JCH : Gubernur Kepri H Nurdin Basirun turut mengantar JCH Kepri ke dalam pesawat saat hendak berangkat ke Tanah Suci, Minggu (30/7).f-istimewa/humas pemprov kepri

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menyebutkan pemerintah setiap tahun selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh Jamaah Calon Haji (JCH).

BATAM – Pelayanan terbaik ini diberikan agar proses keberangkatan berjalan lancar dan baik serta nyaman. ”Kepada seluruh jamaah calon haji untuk dapat bersama-sama menjaga kekompakan dan tidak sungkan untuk meminta bantuan dari petugas kloter,” kata Gubernur saat Pelepasan Keberangkatan Jamaah Calon Haji Kloter I Embarkasi Batam di Aula Asrama Haji, Kota Batam, Minggu (30/7) petang.

Tidak hanya melepas di Asrama Haji, Gubernur juga mengantar JCH Kloter 1 Embarkasi Batam hingga ke pintu pesawat. Kepada seluruh JCH, Nurdin berharap dapat melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan ibadah sehingga menjadi Haji yang Mabrur dan kembali ke tanah air dengan selamat serta berbagi pengalaman yang bermanfaat untuk masyarakat.

Nurdin juga berpesan agar JCH memPergunakan waktu dengan sebaik-baiknya ketika berada di Tanah Suci – Mekkah. ”Manfaatkan waktu untuk beribadah sebaik-baiknya. Saya memohon doa yang terbaik untuk bangsa Indonesia umumnya dan Provinsi Kepri khususnya,” kata Nurdin.

Baca Juga :  April, Kadis Baru di Pemprov Harus Dilantik

Tampak hadir pada kesempatan itu anggota DPD RI Dapil Kepri Hardi S. Hood, Staf Ahli Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi Kemenkes RI dr. Slamet, Sekretaris Daerah Prov. Kepri TS. Arif Fadillah, Kepala Kanwil Kemenag Kepri H. Marwin Jamal. Ketua MUI Kepri KH. Azhar Hasyim, Ketua LAM Kepri Abdul Razak, Walikota Batam H. Muhammad Rudi, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Bupati Kep. Anambas Abdul Haris, Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti dan Wakil Bupati Lingga M. Nizar.

Pada tahun 1438 H/ 2017 M ini embarkasi Batam melayani 11.940 jamaah calon haji yang terdiri dari 11.805 orang jamaah dan 135 orang petugas kloter dan terbagi dalam 27 kloter. Ada empat provinsi yang menggunakan Embarkasi Batam yaitu Provinsi Kepri, Riau, Kalimantan Barat dan Jambi. JCH dari Kepri berjumlah 1.295 orang yang tergabung dalam kloter 1 (29 Juli), kloter 19 (16 Agustus), dan kloter 27 (24 Agustus). Dari Provinsi Riau sebanyak 5.064 orang yang tergabung dalam kloter 2 sd 10, kloter 16 sd 18 dan kloter 26.

Baca Juga :  Telkomsel Tambah Kapasitas Jelang Ngunduh Mantu Jokowi

Sementara dari Provinsi Kalimantan Barat berjumlah 2.527 orang yang tergabung dalam kloter 11 sd 16 dan Provinsi Jambi jumlah jamaah 2.919 orang yang tergabung dalam kloter 20-26. Pemberangkatan jamaah calon haji embarkasi Batam ke Arab Saudi menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines dengan jenis pesawat Boeing 747-400 berkapasitas 450 orang setiap kloter.
Keberangkatan terbagi 2 gelombang yakni gelombang pertama dari Batam ke Madina untuk kloter 1 sampai kloter 13 (30 Juli sampai 11 Agustus 2017) dan gelombang kedua dari Batam ke Jeddah untuk kloter 14 sampai kloter 27 (13 Agustus sampai 25 Agustus 2017).

JCH Kloter 1 embarkasi Batam akan berangkat pada tanggal 30 Juli 2017 pukul 23.00 WIB dari Bandara Hang Nadim dan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Medina pada pukul 04.00 WAS tanggal 31 Juli 2017 serta akan kembali ke Tanah Air pada tanggal 08 September 2017 pukul 23.00 WIB. Jumlah JCH kloter 1 embarkasi Batam sebanyak 446 orang yang berasal dari Provinsi Kepri dengan rincian : Kab. Karimun 186 orang, Kab. Natuna 69 orang, Kab. Bintan 66 orang, Kab. Lingga 42 orang, Kab. Kep. Anambas 43 orang, Kota Batam 35 orang dan petugas kloter 5 orang.

Baca Juga :  Pemprov Buka PPLP Tarung Derajat dan Sepakbola

Sambutan Staf Ahli Kemenkes de Slamet menyebutkan, seluruh Jamaah Calon Haji yang akan melaksanakan ibadah sebanyak 221 ribu orang secara Nasional. Jumlah umat Islam di dunia yang akan melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci sebanyak 3 juta orang. Menurut Slamet, kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini sedang Panas dan suhu berkisar sekitar 36 derajat celcius. Kementerian Kesehatan RI mengimbau JCH senantiasa menjaga kondisi kesehatan dan apabila ada gangguan tidak segan-segan untuk menghubungi petugas kloter agar segera mendapat penanganan.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here