Nurdin Belum Tentu Hadir

0
653
H Nurdin Basirun

Pemilihan Wagub Kepri

TANJUNGPINANG – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun belum bisa memastikan akan hadir saat pemilihan Wakil Gubernur di Gedung DPRD Kepri, Kamis (7/12) mendatang.

Nurdin mengatakan, jika ada tugas lain yang mendesak, maka dirinya akan mengutus pejabat Pemprov menghadiri paripurna Pemilihan Wagub Kepri tersebut.

”Saya akan datang. Pasti. Tapi kalau ada pekerjaan lain lebih prioritas, tentu kita lihat dulu. Kalau tidak ada, saya datang,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos usai menghadiri acara Workshop Jurnalis bersama Dinas Pendidikan Kepri di Hotel Aston Tanjungpinang, Senin (4/12) malam.

Di tata tertib (Tatib) Pemilihan Wakil Gubernur Kepri yang disahkan DPRD Kepri, gubernur diwajibkan datang saat pemilihan besok. Soal putusan Banmus DPRD Kepri yang akan melakukan pemilihan calon tunggal nanti, gubernur tidak mau berkomentar banyak.

Menurutnya, DPRD Kepri telah membuat keputusan itu dan akan dijalankan. Soal nama pengganti Agus Wibowo (AW) yang harusnya masuk satu lagi ke Panlih, Nurdin mengatakan, belum ada putusan bersama parpol pengusung Sanur.

Dihubungi terpisah, Staf Khusus Gubernur, Ahars Sulaiman menegaskan, tak ada keharusan gubernur menghadiri pemilihan itu. Bisa diwakilkan jika gubernur ada keperluan yang tidak bisa ditinggalkan.

”Tidak harus. Bisa diwakilkan dengan pejabat lain. Pemerintahan itukan berjalan ada struktur organisasinya. Intinya yang penting pemerintah ada. Boleh hadir boleh tidak, boleh diwakili,” jelas Ahars, kemarin.

Pemilihan Kamis nanti, Cawagub Isdianto akan melawan kotak kosong. Mengingat sampai saat ini, belum satu pun nama calon yang diusulkan partai pengusung Sanur ke DPRD pascanama Agus Wibowo dikembalikan oleh DPRD. Nurdin menyampaikan, dirinya berharap sosok yang mendapat dukungan penuh partai pengusung itu adalah Rini Fitriani. ”Saya sudah usulkan nama Rini, tapi tak disetujui teman-teman,” katanya singkat.

Kekosongan Wakil Gubernur Kepri sudah lama terjadi, hampir 1 tahun 6 bulan sejak H Nurdin Basirun dilantik jadi Gubernur Kepri, Mei 2016 lalu. Dua nama sudah dikirimkan sebelumnya sebagai Cawagub Kepri yakni Isdianto dan Agus Wibowo.

Hanya saja, karena berkas persyaratan AW tak lengkap, namanya dikembalikan dan dewan minta dikirim lagi penggantinya. Namun, parpol pengusung Sanur tak pernah sepakat mengusulkan satu nama. Panlih DPRD Kepri pun akan menggelar pemilihan Isdianto, Kamis besok. (ais/mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here