Nurdin dan Pengusaha Cina Bahas Tanjungsauh

0
561
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun saat menerima manajemen Wakil Direktur China State Construction Port Enginering Corp (CSCEC) Yuan Cen, di Gedung Daerah Tanjungpinang, Sabtu (21/4). f-istimewa/humas pemprov kepri

TANJUNGPINANG – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menegaskan, proyek-proyek strategis yang disetujui Presiden Joko Widodo semuanya murni investasi. Investasi-investasi itu akan mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi dan membuka banyak lapangan kerja.

”Silakan berinvestasi. Jangan mengharap kerja dengan anggaran dari APBD,” kata Nurdin saat makan siang bersama dengan Wakil Direktur China State Construction Port Enginering Corp (CSCEC) Yuan Cen, di Gedung Daerah Tanjungpinang, Sabtu (21/4).

Pertemuan dengan Yuan Cen memang membahas pembangunan pelabuhan peti kemas di Tanjungsauh. Pulau ini dalam proses menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Semua persyaratan sudah hampir terpenuhi. Termasuk investor yang menyatakan komitmennya untuk berinvestasi di Tanjungsauh.

CSCEC sendiri sudah berinvestasi di KEK Galang Batang, Bintan. Mereka sudah membangun pelabuhan di PT Bintan Alumina Indonesia. Menurut Nurdin, komitmen-komitmen sejumlah investor untuk membangun kawasan strategis saat ini memang terus ditindaklanjuti. Termasuk mempercepat regulasi sehingga sejumlah daerah di Kepri menjadi tujuan investasi.

Memang sejak akhir Februari lalu, sejumlah proyek strategis mendapat restu Presiden Jokowi agar secepatnya berjalan. Proyek-proyek itu adalah Pembangunan Jembatan Batam Bintan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Sauh, KEK Galang Batang, KEK Pulau Asam, Pengembangan Pelabuhan Batu Ampar, Pengembangan dan Modernisasi Bandara Hang Nadim dan Pembangunan Batam LRT (Light Rapit Transit).

Menurut Nurdin, KEK Tanjungsauh menawarkan regulasi yang menarik banyak minat investor. Karena itu dia menggesa agar hal ini segera terwujud. Posisi Tanjungsauh yang sangat strategis di jalur pelayaran dunia dan bersilangan di segitiga Indonesia Singapura dan Malaysia, kata Nurdin harus memberi manfaat besar bagi pertumbuhan ekonomi negeri ini. Posisi strategis itu, tambah Nurdin, harus dimaksimalkan bagi kemakmuran rakyat. ”Biar Kepri semakin maju dan rakyatnya semakin sejahtera,” kata Nurdin. (mas/ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here