Nurdin dan Rafiq Sepakat Bangun Smelter

0
803
TEKEN MOU: Nurdin disaksikan Aunur Rafiq teken MoU terkait pembangunan pabrik smelter di Karimun, Kamis (12/10). f-Humas Pemprov Kepri

Nilai Investasi Rp16 Triliun

PT Berkah Pulau Bintan (BPB) memantapkan langkahnya untuk berinvestasi di Kundur Barat, Karimun.

KARIMUN – Bertemu secara resmi dengan Bupati Karimun beserta jajarannya OPD di lingkungannya, momen ulang tahun Karimun kemarin pihaknya menggelar kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Bupati Karimun Aunur Rafiq. MOU ini untuk membangun pabrik smelter dengan nilai investasi sebesar Rp16 triliun.

Investasi triliunan itu, digunakan untuk membangun pabrik smelter ingot aluminium. Langkah tersebut juga bukan sekedar investasi kosong, terbukti dengan di kantonginya izin usaha pertambangan operasi produksi khusus (IUP OPK) Pemurnian dan pengelolaan mineral yang di keluarkan pada tanggal 9 Agustus 2017.

Nomor 82/I/IUP/PMDN/2017 yang di tanda tangani oleh Kepala BKPM Menteri Energi dan Sumber daya Mineral di Jakarta. Dirut PT BPB B. Susanto menyampaikan Bupati Karimun dalam kesempatan ini, sangat mendukung niat dari PT BPB ini.

Dan pada kesempatan itu, ia siap membuat kesepakatan MoU pembangunan pabrik smelter di Kundur Barat dengan PT BPB yang telah dilaksanakan pada ulang tahun Kabupaten Karimun ke 18 ini.

Lebih lanjut, Didampingi Dirut Muchtar, menuturkan, bahwa proyek pembangunan smelter ini akan di mulai pada tahun 2018 mendatang.
Dan PT BPB sudah mendatangani kerjasama dengan PT Chalieco, BUMN China dan masih banyak investor pendukung lainnya.

Yakni Zhing Shan Group, China, Wuhan Gruop, dan investor lokal.
Salah satu owner bank lokal, pada akhir semester 2017 ini, PT BPB akan melakukan pembebasan lahan dan penandatangan lahan.

PT BPB tetap akan berdiri sebagai perusahaan PMDN, investor bekerjasama dengan sistem penyediaan fasilitas pabrik yang akan di bayar dengan hasil produksi aluminium ingot.(SUHARDI-ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here