Nurdin Minta Rampungkan Pelabuhan Dompak

0
530
KADISHUB Kepri Jamhur Ismail saat meninjau Pelabuhan Dompak, belum lama ini. f-suhardi/tanjungpinang pos

DOMPAK – Pelabuhan Dompak yang belum finishing diminta agar segera diselesaikan. Jika ada persoalan, hendaknya segera diselesaikan. Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengatakan, apabila masih ada yang mengganjal sehingga sampai saat ini Pelabuhan Dompak belum juga dilanjutkan pembangunannya, hendaknya segera dicari solusinya.

Nurdin meminta agar pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI segera menyelesaikan persoalan teknis di lapangan, sehingga pelabuhan tersebut segera difungsikan untuk masyarakat yang ingin menggunakan jasa angkutan laut.

”Kalau misalnya mereka minta Kepri yang mengelola, kita siap. Saya tidak tahu kenapa sampai saat ini belum juga dilanjutkan pembangunannya,” terang Nurdin saat meninjau progres lanjutan Pelabuhan Internasional Sribintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Kamis (1/3) kemarin.

Nurdin sendiri sangat menyayangkan kenapa Kemenhub menunda lanjutan pelabuhan yang sudah menghabiskan anggaran miliaran rupiah tersebut. Uang itu kalau digunakan untuk pembangunan lainnya, tentu sudah dirasakan manfaatnya saat ini. Namun sampai sekarang Kemenhub belum memiliki keinginan untuk melanjutkannya.

”Dirjenhubla segeralah menyelesaikan masalahnya. Saya pikir saat ini masalahnya belum tuntas,” terang Nurdin.

”Kalau belum selesai, tak mungkin kita mau masuk nyelonong ke situ,” timpal Nurdin menyayangkan.

Mantan kapten kapal tersebut menilai Dirjenhubla Kemenhub mungkin bisa mencontoh progres kinerja Pelindo yang sungguh-sungguh membangun Pelabuhan Domestik dan Internasional Sribintan Pura Tanjungpinang. ”Apa yang kita lihat atas pembangunan Sribintan Pura ini, merupakan bangunan yang sangat refresentatif, cukup bagus. Termasuk misalnya, kalau Pelabuhan Dompak itu diminta pemerintah daerah yang ngelola, kita siap kok,” terangnya.

Menurut Nurdin, jika pelabuhan itu difungsikan mungkin bisa untuk akses transportasi laut tujuan antarpulau. Di Kepri ini banyak terdapat pulau-pulau yang mayoritas, masyarakatnya datang ke Tanjungpinang untuk berlibur dan lainnya. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here