Nurdin Minta Sarjana Buka Lapangan Kerja

0
398
KULIAH UMUM: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun memberikan kuliah umum saat wisuda mahasiswa Uniba Sabtu (18/11) di Kampus Universitas Batam di Batam. f-ist/humas pemprov kepri

Para lulusan Universitas Batam (Uniba) Angkatan XIV diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja baru. Potensi yang dimiliki Kepri di tujuh Kabupaten/Kotanya membuka peluang besar untuk itu.

BATAM – Hal ini disampaikan Gubernur Kepulauan Riau Dr. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si di hadapan 700 lebih wisudawan/i Universitas Batam pada Acara Tunggal Wisuda Angkatan XIV, Pasca Sarjana, Sarjana dan Ahli Madya Tahun akademik 2016 – 2017, Sabtu (17/11) di Gedung Utama Universitas Batam (uniba).

”Saya ucapkan selamat kepada seluruh wisudawan/i yang diwisuda. Saya tak mau lagi dengar ada tamatan Universitas yang baru wisuda melamar jadi tenaga honorer di pemerintahan. Saya sangat berharap lulusan Univertas Batam ini bisa menciptakan lapangan kerja. Aplikasikan ilmu tersebut untuk membangun Kepri,” tegas Nurdin.

Agar bisa menciptakan lapangan kerja baru, Nurdin meminta para lulusan Uniba harus menguasai teknologi serta bisa membaca situasi politik dan ekonomi nasional dan dunia.

”Potensi Kepri ini sangat luar biasa. Selain posisinya yang strategis, Kepri juga punya keunggulan di keindahan alam yang bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata. Setiap Kabupaten/Kota mempunyai keunggulan masing-masing. Semuanya menunggu para lulusan Uniba untuk mengembangkannya sehingga bisa membantu pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi,” jelas Nurdin.

Kendati situasi ekonomi saat ini tidak begitu bagus, lanjutnya, bukan berarti menjadi alasan bagi para lulusan menciptakan lapangan kerja. Justru situasi sulit membuka banyak peluang usaha baru.

Untuk itu perlu memperkuat karakter, selalu berbuat baik, jujur dan pantang menyerah. Selain itu, Nurdin juga menegaskan agar para lulusan Uniba jangan sampai terjerat narkoba dan hal-hal lain yang menjerumuskan. Nurdin mengatakan setinggi apapun pendidikan yang telah dicapai, tidak akan ada gunanya bila sudah terjerat narkoba. Jangankan untuk mengabdi kepada daerah, untuk diri sendiri saja tidak bisa diselamatkan.

Sementara itu, Rektor Universitas Batam (Uniba) Prof. Dr. H. Novirman Djamarun, M.Sc menyampaikan sejak berdiri tahun 2000-2017 lulusan Uniba sudah tersebar bekerja di seluruh Indonesia dan juga luar negeri, baik di pemerintahan, swasta maupun dalam menciptakan lapangan kerja baru.

Di bidang akademik, Uniba satu-satunya Perguruan Tinggi di Provinsi Kepri yang memperoleh nilai B untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang berlaku sampai tahun 2022. Dan hampir semua prodi di Uniba mendapatkan akreditasi nilai B. Termasuk sarjana Kedokteran dan profesi dokter serta semua prodi pasca sarjana.

”Mingkatkan kualitas Perguruan Tinggi dan alumni yang dihasilkannya adalah komitmen dan tujuan utama kami. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian Provinsi Kepri selama ini untuk Uniba. Semoga para lulusan Uniba bisa berbuat lebih banyak untuk pembangunan Kepri dan Indonesia,” ujar Novirman.(SUHARDI-ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here