Nurdin & OPD Jemput Masalah dari Anambas

0
799
TINJAU: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun meninjau kawasan peternakan di Anambas, kemarin.f-mazpram/humas pemprov kepri

ANAMBAS – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun melakukan kunjungan kerja ke Anambas selama tiga hari, sejak Sabtu (10/6) hingga Senin (12/6) ini. Di sana, Gubernur sekaligus melakukan Safari Ramadan.

Gubernur juga membawa sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri untuk menjemput berbagai persoalan di Anambas. Bahkan, Gubernur menyempatkan diri memimpin rapat OPD Pemprov Kepri dan OPD Pemkab Anambas didampingi Bupati Anambas Haris.

Nurdin mengatakan, rapat itu sengaja menggabungkan OPD Pemprov dan Anambas agar mereka bisa sinergi bekerja. Dengan demikian, tujuan pembangunan bisa lebih tepat dan tidak saling berseberangan.

Dijelaskannya, komunikasi dan koordinasi antar lembaga pemerintahan sangat diperlukan dalam menyukseskan pembangunan. Koordinasi antar pemerintah di daerah membuahkan kebijakan-kebijakan yang baik untuk masyarakat. Dari komunikasi dengan masyarakatlah bisa merumuskan seperti apa kebijakan yang diinginkan untuk menjawab tuntutan kesejahteraan bagi mereka.

Baca Juga :  Karimun Bawa Piala Bergilir MTQ Provinsi Kepri

”Tujuan kedatangan kami rombongan selain untuk menjemput keberkahan di bulan Ramadan ini tentu juga ingin berkoordinasi lebih lanjut terkait kebutuhan masyarakat,” ujar Nurdin tentang kunjungan kerjanya ke Anambas, Minggu (11/6).

Kebutuhan masyarakat yang dimaksud Nurdin tersebut adalah apa-apa saja kebutuhan yang sudah terpenuhi, yang akan dipenuhi dan yang belum terpenuhi. Maka hal itu perlu dirangkum dan ditindaklanjuti agar menghasilkan kerja nyata untuk masyarakat. Untuk memperlancar koordinasi, Nurdin langsung memimpin rapat terbatas (Ratas) antar OPD Provinsi Kepri dengan Kabupaten Anambas di ruang rapat Tolam Resort, Tarempa, Anambas.

Bupati Anambas Abdul Haris dan anggota DPRD Provinsi Kepri Tawarich ikut serta dalam pertemuan itu. Menurut Nurdin, pertemuan itu adalah bukti baik dan dekatnya koordinasi dan komunikasi secara langsung antar pemerintah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Baca Juga :  61% Korban Kecelakaan Generasi Milenial

”Kami memaksimalkan waktu selama berada di sini, istilahnya menampung aspirasi masyarakat, melalui OPD terkait lah kita tau apa yang dibutuhkan daerah yang menjadi keinginan masyarakat tersebut,” ujar Nurdin.

Nurdin menambahkan bahwa Anamabas memiliki potensi yang tidak boleh dibiarkan begitu saja. Potensi yang tidak digunakan maka tidak akan menghasilkan apa-apa. Namun, jika dikelola dengan baik perlahan tapi pasti tentu akan memberikan manfaat yang besar. Bupati Anambas Abdul Haris dalam paparannya mengatakan bahwa tujuan dipertemukannya OPD antara provinsi dan kabupaten adalah untuk menyatukan persepsi agar tujuan dari OPD tersebut dapat terarah dan sejalan baik dari kabupaten dan provinsi.

Baca Juga :  27 Atase Negara Kunjungi Shipyard

”Pertemuan ini bertujuan untuk melakukan interaksi antar OPD, maka kedatangan Bapak Gubernur beserta rombongannya diartikan sebagai pintu yang terbuka untuk kita saling berkomunikasi secara intern agar berbagai persoalan dapat diminimalisir dan diselesaikan,” ujar Abdul Haris.

Pada kunjungan tiga hari di Anambas, Gubernur meninjau beberapa proyek yang ada di Kecamatan Jemaja, antara lain renovasi tempat peletakan gardu listrik di Jemaja dan lainnya.

Pada rangkaian Safari Ramadan, beberapa masjid yang dikunjungi Nurdin antara lain Masjid Al-Kautsar, Masjid Al Ikhsan Letung, salat subuh di Masjid Nurul Huda Antam Tarempa. Ahad malam, Gubernur memperingati Nuzulul Quran di Masjid Jami’ Tarempa. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here