Nurdin Optimis jalan Lingkar Bawa Positif Pertumbuhan Ekonomi Tanjungpinang

0
437
Gubernur Kepri Nurdin Basirun meninjau pembangunan zona A proyek Gurindam 12 Tepilaut Tanjungpinang. F-Istimewa

TANJUNGPINANG – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengatakan sudah banyak menerima pihak swasta yang ingin berinvetasi di kawasan Gurindam 12 tersebut.

Terkait hal ini, ia mengaku terbuka dan memberikan izin kepada calon investor yang ingin berinvestasi di Kota Tanjungpinang.

“Kebetulan ada lokasi yang mungkin, bisa kita tawarkan kepada dunia usaha. Mudah-mudahan mereka tertarik untuk berkontribusi,” ujar Nurdin di Tanjungpinang, Kamis (3/1) kemarin.

Investasi yang dimaksud mantan Bupati Karimun dua periode itu, beragam. Mulai dari pariwisata, hotel, kuliner, atau juga mal, karena infrastrukturnya sudah bangun.

Dengan catatan, memastikan investor harus mengikuti aturan yang ditetapkan. Tidak boleh melanggar ketentuan, pemerintah siap memberikan kemudahan.

Nurdin juga meminta Pemko Tanjungpinang dapat sama-sama mendorong pembangunan dilakukan.

“Kalau mengikuti aturan, pasti kita bantu. Kalau masih terhambat juga, kita dudukkan sama-sama. Jangan membuang kesempatan sebab kita tidak bisa hanya duduk diam, nanti tertinggal,” pesan Nurdin.

Menurut Nurdin, investor enggan membuka usaha d daerah karena terhambat aturan yang tidak singkron dengan zaman sekarang ini.

Nurdin memastikan, bahwa investasi yang diterima tidak akan menggangu kegiatan proyek yang sedang dibangun saat ini.

“Masih banyak ruang kosong, terserah mereka mau bangun apa. Yang penting menunjang pertumbuhan ekonomi di Tanjungpinang. Misalnya mau bangun wisata, sejarah, kuliner juga boleh,” bebernya demikian.

Dikesmpatan berbeda, Site Manager PT Guna Karya Reza Rahmadi memastikan bahwa tidak ada kendala dalam proses pembangunan proyek kawasan Gurindam 12 di Ibukota Kepri saat ini.

Reza memaparkan saat ini pihaknya tengah konsentrasi membangun sektor zona pertama yang tediri dari zona 2A dan zona 2B.

Pembangunan zona ini mencakup proses reklamasi pantai. Reklamasi pantai Tepilaut ini rencananya akan dilakukan mulai dari depan Gedung Daerah sampai depan SMAN 5 Tanjungpinang.

“Kami optimis, proyek ini akan siap tujuh bulan sebelum kontrak kerja selesai,” sebut Reza.

Tak lupa Reza menuturkan, progres pengerjaan kawasan Tepilaut yang dilakukan kontraktor Guna Karya saat ini sudah mencapai 7,5 persen. Ini sudah berlalu 24 minggu, rencana setelah reklamasi pantai mulai proses pemancangan.

Rencananya untuk pemancangan tiang beton ke dasar laut, Reza menuturkan ada lebih kurang 966 titik. Tiang ini sebagai penyangga dasar yang dibangun untuk menambah estetika jalan lingkar.

“Untuk tahap awal, rencananya setelah reklamasi selesai kita akan pasang 672 tiang ke dasar laut,” jelas Reza.

Saat ini dia menceritakan, kendala yang dapat menghambat progres kerja ada beberapa. Diantaranya, masalah struktur tanah yang berbeda, kemudian disamping itu masalah cuaca.

“Kami bersyukur masyarakat sampai dengan gubernur dan Pemda Tanjungpinang sangat mendukung. Kita berjanji akan menyelesaikan, proyek ini sesuai dengan harapan,” sebutnya sambil menyebutkan, nantinya proyek Gurindam 12 ini menjadi kebanggan masyarakat Ibukota Provinsi Kepri. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here