Nurdin-Rudi Buka Fly Over

0
946
fly over: Simpang Jam Batam yang biasanya macet dan semrawut kini tranfortasinya jadi lancar dan pemandangannya indah. Wali Kota Batam Rudi menyalami Gubernur Kepri Nurdin Basirun usai membuka fly over Simpang Jam, kemarin. F-ISTIMEWA

Penggunaan fly over Laluan Madani diresmikan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, dan Wali Kota Batam, HM Rudi serta Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. Peresmian ditandai dengan acara tepung tawar yang dilakukan LAM Batam.

BATAM – Dengan pembukaan jalur ini, diharapkan dapat mengurai kemacetan di Simpang Jam. Setelah proyek ini sukses, diharapkan agar Kementerian PUPR membangun fly over simpang Kabil.

Peresmian penggunaan fly over dilakukan, Kamis (21/12) di atas fly over Laluan Madani. Saat peresmian itu, Rudi menyatakan kebanggaan atas peresmian penggunaan fly over itu. ”Dengan fly over ini, nama Batam akan naik lagi,” kata Wali Kota Batam, HM Rudi.

Disebutkan perjuangan Batam akan terus dilakukan untuk mendapat bantuan dari pusat. Sehingga anggaran pemerintah pusat semakin banyak untuk pembangunan fisik Batam. ”Perjuangan kita belum berakhir. Saya laporkan kepada rakyat saya yang memilih saya, untuk tahun 2018, saya sudah siapkan 360 miliar untuk membangun jalan se-kota Batam di 2018,” kata Rudi.

Anggaran itu diakui dimaksudAnggaran itu diakui dimaksudkan untuk pelebaran dan membuka jalur baru, jalan di Batam. Termaksud pelebaran jalalan dekat fly over, sehingga tidak terjadi kemacetan. ”Jalan di sini juga akan kita perluas, biar disini tidak macet. Kita juga harus menjaga. Jangan sampai kebut-kebutan disini dan menyebabkan kecelakaan,” imbau Rudi.

Rudi berharap, fly over Simpang Jam akan diprogramkan pemerintah pusat, tahun depan. Dengan jalan yang sudah diperlebar, akan memudahkan wisatawan ke Batam. Dimana, diharapkan Batam dapat mendatangkan wisman tahun 2018 sebanyak 3 juta orang.

”Mudah-mudahan nanti Batam dapat fly over sepanjang 25 km. Harapan saya, target wisman 3 juta di tahun 2018 akhir, tercapai. Sekarang baru 1,6 juta orang,” harapnya.

Sementara Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengatakan, dengan peresmian penggunaan fly over ini, akan mengurangi kemacetan di Batam. ”Tapi pengguna jalan juga harus memanfaatkan dengan baik. Kita gunakan aturan, tentunya, dimana pembinaan dari polisi lalulintas,” imbaunya.

Peresmian fly over di Simpang Jam ini, Nurdin optimis, pembangunan bantuan dari pemerintah pusat, akan semakin banyak. ”Kalau seperti ini, bukan tidak mungkin semua yang kita rencanakan, terwujud. Bila perlu, kita buka Jembatan Babin. Fly over ini sangat megah,” imbuh Nurdin.

Sementara Junaidi dari Balai pelaksanaan Jalan Wilayah IV, Kementerian PUPR mengatakan, fly over di Simpang Jam, merupakan salah satu fly over tercantik di Indonesia. Terutama saat malam. Karena ornamen Melayu yang dibuat didinding fly over, menyala saat malam hari. ”Fly over ini cukup mengagumkan. Ini salah satu yang tercantik dan indah di Indonesia,” ujarnya.

Diharapkan, ke depan fly over Simpang Kabil juga akan terbangun. ”Semoga setelah ini, 3 km jauhnya dari sini, (simpang jam) akan kita laksanakan pembangunan. Kita sudah lakukan kajian, simpang Kabil mau-tidak mau harus dibangun. Kalau tidak, disini lancar dan di sana akan menumpuk. Dan menumpuknya akan panjang,” beber Junaidi.

Saat ini diakui, program pembangunan dari Kementerian PUPR di Batam, cukup banyak. Hanya saja, untuk tahun ini lebih banyak di Natuna. ”Di simpang KDA jembatan kami bangun yang cantik. Tapi memang tahun ini kami akan fokus dengan Natuna dulu. Tapi kedepan akan ada beberapa program kami untuk Batam, karena pintu, wajah Indonesia,” imbuhnya.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here