Oksigen untuk Pasien Tidak Ada Kendala

0
219
Kepala Dinas Kesehatan Anambas, Herianto f-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Sebelumnya, masyarakat yang hendak berobat merasa cemas akan tidak tersedianya oksigen di Anambas. Sebab, oksigen harus didatangkan dari Kota Tanjungpinang.

Namun kini tidak perlu khawatir lagi, sebab sudah terdapat dua sentral yakni di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jemaja dan RSUD Palmatak menyediakan oksigen tersebut. Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Anambas, Herianto mengatakan, bahwa pasien yang hendak berobat di rumah sakit dan butuh oksigen yang ada tidak perlu khawatir lagi karena takut kekurangan oksigen.

Menyusul telah terdapat dua central, untuk ketersedian oksigen dan bisa juga diisi ulang.

”Tidak ada persoalan lagi. Alhamdulillah, saat ini kita telah memiliki dua tempat oksigen sentral,” kata Herianto, sebagai Kepala Dinas Kesehatan Anambas, Selasa (8/1).

Menurut dia, saat ini dua sentral oksigen berada di RSUD Palmatak dan RSUD Jemaja.

Jadi tidak perlu lagi menunggu oksigen datang dari Tanjungpinang seperti sebelum-sebelumnya.

”Kalau dulu oksigen dipasok dari Tanjungpinang. Jadi apabila habis, maka apabila kapal telat datang maka akan terjadi kekurangan oksigen. Namun hal itu tidak terjadi lagi saat ini,” terang dia.

Untuk RSUD Jemaja, lanjut dia, dalam satu hari dapat menghasilkan 8 tabung oksigen per harinya.

Sedangkan, untuk RSUD Palmatak dalam satu harinya dapat memproduksi 12 tabung oksigen.

”Dengan kemampuan produksi ini Insyaallah kebutuhan oksigen, untuk pasien seluruh rumah sakit dan puskesmas yang ada di Anambas akan terpenuhi,” ucap dia.

Herianto mengingatkan kepada kepala puskesmas dan rumah sakit, untuk menghindari kelangkaan oksigen yang akan menyebabkan keresahan pada pasien maka harus pandai mengatur jangan sampai kekurangan.

”Kalau ada tabung kosong segera diisi, jangan sampai sudah habis tabung oksigen baru mengisi. Tentu akan menyebabkan kekurangan dan membuat resah pasien jika seperti itu cara kerjanya,” tegas dia lagi. (ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here