Oktober, Berkantor di Senggarang

0
264
PASANGAN H Syahrul-Rahma bersama tim pemenangannya doa bersama usai merekap data dari para saksi. f-raymon/tanjungpinang pos

Pemenang Pilkada Wali Kota-Wakil Wali Kota Tanjungpinang akan mulai berkantor di Senggarang pada Oktober mendatang. Sehingga, Raja Ariza selaku Penjabat Wali Kota Tanjungpinang harus bekerja beberapa bulan lagi memimpin kota ini.

TANJUNGPINANG – Untuk sementara ini, pasangan H Syahrul-Rahma unggul di Pilkada Tanjungpinang berdasarkan model C1. Namun, penetapan siapa pemenangnya nanti tetap menunggu pleno dan pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang.

Pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 2018 masih tahap pembahasan. Rencananya akan dilaksanakan beberapa tahapan secara serentak. Kapuspen Kemendagri, Bahtiar menuturkan, pelaksanaan pelantikan mungkin akan dilaksanakan beberapa tahapan. Ini karena Akhir Masa Jabatan (AMJ) dari 171 daerah yang melangsungkan Pilkada 2018 di Indonesia bervariasi.

Meski demikian, ia menuturkan, tahap pertama diperkirakan akan dilaksanakan Oktober mendatang secara serentak di beberapa daerah. Terkait tanggal pastinya masih akan dibahas.

”Kalau pastinya masih akan dibahas, kemungkinan besar tahap pertama pada Oktober ini mengacu berakhirnya masa jabatan kepala daerah,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos via ponselnya, Jumat (29/6) sore.

Terkait masa akhir jabatan Wali Kota dan Wakil Kota Tanjungpinang periode 2013-2018 pada 16 Januari lalu, maka Bahtiar menuturkan kemungkinan besar masuk gelombang pertama. ”Kalau habisnya Januari lalu, kemungkinan besar masuk tahap pertama Oktober mendatang,” ucap mantan Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Polpum tersebut.

Terkait yang melantik wali kota dan wakil wali kota, ia menuturkan kemungkinan gubernur masing-masing daerah atas nama Mendagri. Pelaksanaan di daerah masing-masing. Berbeda dengan pelantikan gubernur terpilih, kemungkinan di Istana negara.

Sekda Kota Tanjungpinang, Riono juga mengaku belum mengetahui jadwal pelantikan wali kota terpilih. ”Saya juga belum tahu kapan, kita menunggu sesuai aturan saja,” tuturnya singkat.

Terkait wali kota terpilih, ia menuturkan masih menunggu pengumuman resmi dari KPU Tanjungpinang.(DESI LIZA)

Pemilih di 4 Kecamatan
Kecamatan Tanjungpinang Timur

Pemilih 55.049
Pengguna Hak Pilih 33.130
Partisipasi 60,2 %
Golput 39,8 %

Kecamatan Tanjungpinang Kota
Pemilih 15.135
Pengguna Hak Pilih 8.977
Partisipasi Pemilih 59,3 %
Golput 40,7 %

Kecamatan Tanjungpinang Barat
Pemilih 34.058
Pengguna Hak Pilih 20.412
Partisipasi Pemilih 59,9 %
Golput 40,1 %

Kecamatan Bukit Bestari
Pemilih 38.301
Pengguna Hak Pilih 22.613
Partisipasi Pemilih 59 %
Golput 41 %

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here