Ombak 6 Meter, Nelayan Diminta Waspada

0
908
ANGIN UTARA: Kapal pompong yang membawa peti ikan saat menembus gelombang tinggi di musim angin utara.F-DOKUMEN/tanjungpinang pos

NATUNA – BERDASARKAN pantauan kondisi atmosfer terkini dari BMKG Natuna, gelombang laut mencapai 6 meter. Hal itu dijelaskan prakirawan BMKG Natun Asrul yang menyebutkan, adanya peningkatan kecepatan angin hingga 18 Km/jam hingga 56 Km/jam di Laut Cina Selatan.

Kondisi itu akan berimbas ke Laut Natuna Utara, hingga ke perairan Kepulauan Natuna sampai Kepulauan Anambas.

Kondisi itu diperkirakan mulai terjadi dari tanggal 17 hingga 20 Desember 2017. Sedangkan dampak yang bisa ditimbulkan dari gangguan cuaca ini antara lain gelombang tinggi.

Baca Juga :  Paska Kebakaran, Pelayanan RSUD Tetap Berjalan Normal

Peningkatan tinggi gelombang tersebut masuk dalam kategori Tinggi/Rough Sea (2.5 – 4.0 meter) yang berpotensi terjadi di wilayah Natuna.

”Untuk perkiraan tinggi gelombang mulai terjadi sejak pukul 07.00 hingga pukul 13.00 WIB dan 19.00 WIB nanti. Kita mengimbau agar masyarakat harus tetap waspada dan berhati-hati jika beraktivitas di laut mapun tepi laut. Gelombang ini akan berlangsung selama 4 hari ke depan,” kata Prakirawan BMKG Natuna Asrul. Minggu (17/12).

Selain wilayah perairan Natuna, lanjut Asrul, ada juga beberapa wilayah yang terkena dampak dari cuaca buruk dengan tinggi gelombang 2,5 sampai 4,0 meter. Wilayah itu diantaranya Kabupaten Natuna, perairan barat Lampung, Kepulauan Anambas, perairan timur kepulauan Bintan, laut jawa bagian timur dan samudra pasifik utara Halmahera hingga Papua Barat.

Baca Juga :  Tol Laut Gerakkan Ekonomi Pulau Midai

”Dari prakiraan di atas, yang terkena dampak lebih parah gelombang tinggi dari 4 sampai 6 meter (Very Rough Sea) berpeluang di wilayah Laut Natuna Utara, Perairan Kepulauan Natuna, dan laut Cina Selatan,” ungkapnya.

Sehubungan dengan kondisi itu, kapal-kapal yang melintas diimbau untuk waspada dan siaga dengan memperhatikan informasi cuaca dan gelombang dari BMKG.

”Kita mengimbau seluruh masyarakat Natuna untuk waspada akan cuaca buruk yang terjadi selama 4 hari ke depan. Dan awan Cumulonimbus (Cb) yang sewaktu-waktu dapat menimbulkan hujan lebat, guntur disertai angin kencang dan menyebabkan gelombang tinggi secara tiba-tiba,” imbaunya. (HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here