Ombak Kuat, Rute Natuna Tak Berlayar

0
484
Salah satu kapal cepat yang melayani rute Tanjungpinang-Lingga berlabuh di Pelabuhan Sribintan Pura. f-raymon/tanjungpinang pos
Angin kencang yang menerjang sejumlah perairan di Kepri beberapa hari terakhir ini, menyebabkan terganggunya pelayaran.

TANJUNGPINANG – Kapal lambat dan kapal cepat yang melayani jalur penyeberangan Tanjungpinang-Lingga dan Lingga Tanjungpinang, Tanjunginang-Moro (Karimun) terganggu.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli pada KSOP Kota Tanjungpinang, Alimin Mokodompit mengatakan, ada dua kapal dari Lingga tujuan Tanjungpinang mengalami keterlambatan kedatangan dikarenakan cuaca tidak mendukung untuk berlayar.

”Kapal dari Dabo sudah tiba dengan keadaan selamat, namun terlambat tiba di Tanjungpinang karena angin kencang,” katanya Kamis (3/1).

Alimin menyebutkan, untuk kapal dari Tanjungpinang dengan tujuan pulau di Karimun dan Moro sudah diberangkatkan kembali dikarenakan cuaca sudah reda.

”Kami tidak menahan kapal berlayar tetapi menunda keberangkatannya demi keselamatan berlayar,” sebutnya.

Menurutnya, untuk tujuan Batam tidak ada penundaan. Untuk tinggi gelombang di daerah Natuna dan Anambas mencapai ketinggian gelombang 4-5 meter.

”Untuk tujuan Natuna dan Anambas kita tidak berikan izin berlayar dikarenakan sudah memasuki zona merah,” jelasnya.

Alimin menjelaskan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan BMKG untuk mengetahui perubahan cuaca apabila tidak layak untuk berlayar maka kita tidak izinkan.

”Selalu itu, kita bekerja sama dengan BMKG soal cuaca, sekarang juga operator kapal dan penumpang juga mematuhi bila kita tunda keberangkatan untuk keselamatan,” ujarnya. (RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here