OPD Bikin MoU Perlindungan Anak Bintan

0
59
MARDHIAH Kepala DP3AP2-KB, Tamsir SSi MSi, dr Gamma, dan Edi Yusri menandatangani MoU Perlindungan anak di depan bupati, di relief Antam, Kijang. f-istimewa

KIJANG – Empat OPD di lingkungan Pemkab Bintan telah membikin nota komitmen untuk memberikan perlindungan terhadap anak Bintan. MoU perlindungan anak Bintan itu ditandatangani, pada saat kegiatan temu anak Kabupaten Bintan, sebagai momen sebelum Hari Anak Nasional, di Relief Antam Kijang, Sabtu (30/3) pagi lalu.

OPD yang menandatangani MoU komitmen perlindungan anak itu antara lain Dinas Sosial Kabupaten Bintan, Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan dan Dinas P3AP2-KB Bintan. Penandatanganan MoU ini disaksikan oleh Bupati Bintan H Apri Sujadi.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bintan H Apri Sujadi juga melantik Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), Forum Anak Bintan Bersatu, Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga), serta deklarasi sekolah ramah anak.

Kegiatan tersebut, juga dilakukan pelepasan balon serta penyerahan secara simbolis akta lahir, KTP siswa untuk SMA, serta pembagian Al-Quran bagi siswa-siswi. Kemeriahan juga diisi dengan berbagai kreativitas anak-anak dalam theater cegah perkawinan usia dini, serta penampilan drumband anak-anak Paud dan pembacaan puisi anak-anak disabilitas.

Kepala Dinas P3AP2-KB Kab Bintan Mardhiah mengatakan, kegiatan temu anak Kabupaten Bintan dan penandatanganan MoU perlindungan anak Bintan tersebut, dihadiri lebih dari seribu pelajar, dari 74 perwakilan SD, 34 SMP dan 8 SMA di Kabupaten Bintan.

”Alhamdulillah keseluruhannya dapat berjalan dengan lancar. Tentunya, kita sangat berkomitmen dalam melindungi hak anak, sebagai usaha mewujudkan generasi Bintan yang gemilang,” ujar Mardhiah.

Bupati Bintan H Apri Sujadi mengatakan, pembuatan komitmen perlindungan anak Bintan itu dilakukan, sebagai bentuk kepedulian Pemkab Bintan dalam memberikan perlindungan dan hak anak di Bintan. Karena, anak adalah calon-calon pemimpin bangsa dan daerah.

Dikatakannya juga, Kabupaten Bintan berulangkali meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak, dengan hadirnya program-program yang terintegrasi guna meningkatkan kualitas generasi muda. Baik melalui pendidikan, kesehatan dan bidang lainnya.

”Kami akan selalu hadir melalui pelbagai program. Seperti memberikan akta lahir gratis, memberikan bantuan pendidikan gratis serta program-program islami, berupa program magrib mengaji, dan 15 menit mengaji sebelum belaja. Ini berguna membentuk mental generasi kita,” jelas H Apri Sujadi.

Dalam kegiatan temu anak Bintan itu, seribuan pelajar memberikan kejutan kepada Bunda PAUD Kabupaten Bintan Hj Deby Maryanti. Saat itu, Hj Deby Maryanti sedang berulang tahun.

”Saya sangat terharu dengan kejutan itu. Terima kasih untuk anakku semua,” sebut Hj Deby Maryanti. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here