OPD Harus Mampu Berinovasi

0
393
FOTO BERSAMA: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun foto bersama dengan para pejabat penting usai peresmian Kepri Integrated Information System (KIIS) di Aula Kantor Gubernur Kepri di Dompak, Rabu (3/1). f-istimewa/humas pemprov kepri

Staf Ahli KemenpanRB dan Gubernur Resmikan KIIS

Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun kembali menekankan pentingnya inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Karena salah satu sumber keunggulan kompetitif atau daya saing suatu daerah adalah inovasi. Karena itu, OPD harus mampu berinovasi.

DOMPAK – Inovasi memegang peranan penting dalam pembangunan daerah. Berbagai terobosan dan ide-ide segar dalam sistem birokrasi akan mendorong suatu daerah menjadi lebih maju dan berkembang.

Hal ini diungkapkan Nurdin usai mendampingi Staf Ahli KemenpanRB, Wijanarko meresmikan Kepri Integrated Information System (KIIS) di Kantor Dinas Kominfo Provinsi Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Rabu (3/01).

Usai peresmian itu, Wijanarko dan gubernur melakukan peninjauan sejumlah aplikasi OPD Pemprov Kepri yang terintegrasi di KIIS itu.

Pada peninjauan itu tampak hadir Sekda Provinsi Kepri Arif Fadilllah, Kepala BP Batam Lukita, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kepri Guntur Sakti, Kepala BPMD Dukcapil Sardison, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepri, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri dan Ketua LAM Provinsi Kepri.

KIIS merupakan dashboard yang mengintegrasikan penyajian informasi dan pelaporan atas pengelolaan Pemerintah Provinsi Kepri yang menggunakan sejumlah sistem aplikasi dengan fungsi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pelaksana.

Aplikasi ini menjadi pintu gerbang informasi terkait tata kelola perencanaan pembangunan, tata kelola belanja dan pendapatan, belanja barang dan jasa, dan lain-lain.

Pada kesempatan ini Gubernur mengucapkan terimakasih dan bangga terhadap prestasi serta inovasi yang telah ditorehkan oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kepulauan Riau beserta jajarannya.

Semoga ini menjadi pemicu bagi dinas lain untuk ikut melahirkan inovasi-inovasi baru yang dapat menjadi solusi menuntaskan berbagai persoalan yang muncul di daerah.

”Dahulu, Dinas Kominfo termasuk salah satu dinas yang mendapatkan rapor merah dalam penilaian kinerja pemerintahan. Namun perlahan dan pasti kini nilainya telah berubah jadi hijau, bahkan hijau pekat. Saya berharap keberhasilan yang telah dilakukan oleh Dinas Kominfo bisa ditiru dan diterapkan oleh OPD lainnya di Provinsi Kepulauan Riau agar punya semangat dan keinginan yang sama untuk membangun daerah agar berprestasi,” harap Nurdin.(MARTUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here