OPD Hemat, Tanpa Sewa Kantor

0
42
PEGAWAI Sekretariat Daerah Anambas saat mengangkut perangkat dan perlengkapan Kantor Bupati Anambas ke kantor baru di Pasir Peti, Jumat (9/11). f-istimewa

ANAMBAS – Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan berpindah kantor, dan bergabung dengan Kantor Bupati yang baru di Pasir Peti, Desa Pesisir Timur Kecamatan Siantan.

Wakil Bupati KKA Wan Zuhendra mengatakan, OPD-OPD yang akan pindah dan bergabung dengan Kantor Bupati baru antara lain yakni, BKPSDM, Kominfo, Bakesbangpol dan Bappeda.

”Insya Allah, ada sejumlah OPD yang akan pindah ke Kantor Bupati baru,” kata Wan Zuhendra selaku Wakil Bupati Anambas, Jumat (30/11).

Selain OPD, yang pindah ke kantor bupati yang baru, tambah Wan, ada juga OPD yang akan menempati Kantor Bupati lama, yang sebelumnya merupakan Kantor Camat Siantan saat masih bergabung dengan Kabupaten Induk Natuna.

”Untuk DPMPTSP, dan Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk akan menempati Kantor Bupati lama,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, apabila sebelumnya sejumlah OPD di Anambas rata-rata masih menyewa ruko ataupun rumah masyarakat. Tak pelak, anggaran yang dikucurkan untuk sewa kantor tersebut mencapai Rp6 miliar.

”Dengan pindahnya kantor ke tempat-tempat yang representatif, dan tidak menyewa dapat menghemat anggaran,” jelas dia.

Kata dia, direncanakan pada tahun 2019 pihaknya akan membangun satu gedung OPD di pusat perkantoran di Pasir Peti. Karena saat ini, kantor OPD yang milik sendiri dibangun dengan APBD itu hanya Dinas PU dan Dishub LH.

”Yang dibangun pada masa Anambas ini ada Dinas PU, Dishub LH, Kantor Camat Siantan, Kantor DPRD dan terakhir ditempati yakni Kantor Bupati baru di Pasir Peti,” ucap dia.

Belum lama ini, raut wajah Abdul Haris selaku Bupati Kepulauan Anambas tampak cerah dan penuh senyum.

Karena resmi menempati kantor baru, sebagai pusat perkantoran Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Anambas. Ia juga mengingatkan pegawainya, untuk berhati-hati berkendara.

Karena kondisi jalan menuju Komplek Perkantoran Bupati Anambas itu curam, dan memiliki tanjakan tinggi yang tentunya rawan kecelakaan.

Dilihat jarak yang lebih jauh dari biasanya, maka dirinya mengingatkan kepada pegawai khususnya yang sudah menempati pusat perkantoran agar berhati-hati ketika di perjalanan menuju kantor bupati yang baru. Pasalnya, kondisi jalan menuju pusat perkantoran kondisinya banyak tanjakan dan turunan terjal. Sehingga, para pegawai harus ekstra hati-hati ketika berkendara saat pergi bekerja.

”Kalau ada yang belum mahir naik motor, latihan dulu dengan sebaik-baiknya. Setelah mahir boleh ke kantor naik motor sendiri. Pastinya, harus waspada dan lengkapi segala peralatan ketika berkendara,” saran Haris, Senin (19/11) lalu.

Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub-LKH) Kabupaten Kepulauan Anambas, akan melaksanakan instruksi Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris.

Instruksi itu, untuk mengidentifikasi jalan yang rawan kecelakaan lalu lintas menuju pusat perkantoran baru di Jalan Pasir Peti Desa Pesisir Timur Kecamatan Siantan.

Dishub-LKH juga siap untuk meningkatkan keamanan jalan, dengan memasang pagar jalan atau guard drail disepanjang jalan menuju pusat perkantoran tersebut. Sehingga, pegawai dan masyarakat aman melintas di jalan itu. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here